Jangan Anggap Remeh! 5 Hal Ini Dapat Menjadi Penyebab Dari Kondisi Karburator Banjir Pada Mesin Motor

Jangan Anggap Remeh! 5 Hal Ini Dapat Menjadi Penyebab Dari Kondisi Karburator Banjir Pada Mesin Motor

Jangan Anggap Remeh! 5 Hal Ini Dapat Menjadi Penyebab Dari Kondisi Karburator Banjir Pada Mesin Motor--Foto: instagram-rizkiyaumilfitra

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Karburator merupakan salah satu komponen penting yang terdapat di dalam sepeda motor, komponen ini digunakan untuk dapat melakukan proses pencampuran udara dan bahan bakar yang terjadi pada mesin motor. sepeda motor keluaran tahun 2010 ke bawah umumnya mempunyai mesin motor yang menggunakan sistem Karburator.

Namun seiring berjalannya waktu, mulai muncul teknologi baru yaitu sistem injeksi. Sepeda motor dengan teknologi injeksi ini diklaim mampu membuat bahan bakar lebih irit dan mampu meningkatkan kinerja dan performa dari mesin motor.

Jika pengendara menggunakan sepeda motor yang telah berusia cukup tua dan masih mesinnya masih menggunakan karburator. Salah satu permasalahan yang terkadang ditemui pada sepeda motor tersebut yaitu mesin motor yang sulit untuk dinyalakan.

Hal ini dapat terjadi karena proses pembakaran yang kurang optimal sehingga mekanisme karburator tidak mampu untuk menghidupkan mesin motor.

Selain itu, kondisi karburator banjir ini juga ternyata dapat membuat mesin motor menjadi sulit untuk dinyalakan. Kondisi karburator banjir ini tentunya akan membuat jumlah bahan bakar yang masuk pada ruang pembakaran menjadi tidak ideal.

BACA JUGA:Bukan Hanya Mencuci Sepeda Motor, 6 Tips Ini Dapat Mengkilapkan Mesin Motor Agar Terlihat Seperti Baru!

Karburator banjir ini jika terus dibiarkan juga dapat membuat sepeda motor tiba-tiba mati dan mogok saat sedang berada di perjalanan.

Lalu, apa saja hal yang dapat menjadi penyebab dari karburator banjir? Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi karburator banjir pada sebuah sepeda motor yang dapat membuat mesin motor menjadi sulit untuk dapat dinyalakan.

Kran Bahan Bakar Rusak

Kran bahan bakar memiliki sistem buka tutup ketika motor dinyalakan sehingga bensin dapat diatur penggunaannya. 

Kran bahan bakar yang rusak tentunya dapat membuat aliran bahan bakar terjadi secara terus menerus pada saat mesin motor menyala ke karburator.

Dampaknya yaitu akan terjadi banjir pada bagian karburator, kerusakan pada kran bahan bakar ini hanya dapat diperbaiki dengan menggantinya menggunakan komponen yang baru.

Jarum Pelampung yang Mengalami Aus

Setiap komponen karburator tentunya dilengkapi dengan jarum pelampung yang mempunyai fungsi untuk dapat menutup saluran bahan bakar ketika suplai telah terisi penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber