Kondisi Rantai Keteng Mengendur? Inilah 6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Pada Sepeda Motor yang Mulai Kendur!

Kondisi Rantai Keteng Mengendur? Inilah 6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Pada Sepeda Motor yang Mulai Kendur!

Kondisi Rantai Keteng Mengendur? Inilah 6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Pada Sepeda Motor yang Mulai Kendur!--Foto: instagram-nn.motoshop

Pengendara sebenarnya juga dapat memasang mur pada bagian atas atau pada bagian bawah baut, hanya saja dibutuhkan ukuran yang benar-benar tepat dan sesuai.

Menyambungkan Dengan Menggunakan Baut

Cara ini hampir sama karena juga memanfaatkan baut, hanya saja cara ini terbilang jauh lebih rumit. Baut dapat digunakan untuk dapat menyambungkan rantai keteng sehingga batang penekan tensioner dapat bekerja kembali.

Caranya juga cukup rumit dan membutuhkan keahlian khusus untuk dapat menyambungnya dengan tepat dan benar. Bahkan, belum tentu semua teknisi menguasai cara ini dan hanya terdapat beberapa teknisi profesional yang mampu melakukannya.

Melakukan Modifikasi Tensioner yang Kurang Kuat

Rantai keteng akan mempengaruhi proses membuka tutup pada klep sehingga diberikan tensioner agar mempunyai tegangan yang konstan.

Jika tensioner tersebut mengalami keausan atau kurang kuat karena itu dapat menimbulkan suara yang bising pada mesin motor saat mesin panas.

BACA JUGA:Kendalikan Harga Pangan dan Inflasi, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa Lakukan Monitoring Secara Langsung

Hal ini juga berlaku pada saat rantai keteng mengalami kendur. Kondisi ini dapat terjadi karena kekurangan dari tensioner yang tidak dapat mendesak sisi rantai keteng hingga munculnya suara tersebut dapat didengarkan oleh telinga.

Melakukan Pengecekan Rantai Keteng Secara Rutin

Pengendara wajib melakukan pengecekan rantai keteng ini secara rutin dan teratur, minimal dilakukan satu tahun sekali. Pengendara juga dianjurkan untuk melakukan penggantian oli dengan tepat waktu atau secara rutin dan teratur.

Dengan melakukan pengecekan dan perawatan secara teratur maka pengendara akan lebih mengetahui sejak awal jika terjadi kerusakan atau permasalahan yang terjadi pada sebuah sepeda motor.

Keadaan rantai keteng yang sudah bising namun tetap dibiarkan akan memunculkan dampak negatif yang lebih parah seperti rantai keteng akan rontok atau juga menjadi putus.

Jika hal ini terjadi di tengah perjalanan pengendara tentunya akan sangat menyusahkan dan membuat pengendara menjadi kerepotan.


Kondisi Rantai Keteng Mengendur? Inilah 6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Pada Sepeda Motor yang Mulai Kendur!--foto: instagram-lathif_mx

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber