Kondisi Rantai Keteng Mengendur? Inilah 6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Pada Sepeda Motor yang Mulai Kendur!

Kondisi Rantai Keteng Mengendur? Inilah 6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Pada Sepeda Motor yang Mulai Kendur!

Kondisi Rantai Keteng Mengendur? Inilah 6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Pada Sepeda Motor yang Mulai Kendur!--Foto: instagram-nn.motoshop

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Rantai keteng merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang mempunyai peran sebagai penyalur tenaga menuju ke sisi noken as.

Hal ini berarti bahwa tenaga dari noken as langsung akan dilanjutkan untuk buka dan tutup klep. Bentuk dari rantai keteng sendiri tidak berbeda jauh dengan bentuk rantai motor atau rantai roda yang biasa.

Namun, hal yang paling terlihat tidak sama mungkin dari ukurannya yang paling kecil dan juga ulir dari rantai keteng berlainan. Perlu diketahui bahwa jika rantai keteng yang kendur dan terus didiamkan lama kelamaan akan berpengaruh fatal.

Dampak negatif yang diberikan bukan hanya dari suara mesin yang berisik saja, namun juga akan berpengaruh buruk terhadap rantai keteng yang dapat bergeser ke tepi sisi blok boring.

Bahkan juga yang lebih parahnya lagi yaitu dapat membuat rantai keteng menjadi terlepas. Oleh karena itu, jika rantai keteng sudah mulai kendur maka hal ini perlu segera diatasi dan tidak boleh ditunda.

BACA JUGA:Berita Terbaru: Rekapitulasi Suara Sementara Pemilu DPD 2024 Wilayah Sumatera Selatan

Lalu, bagaimana cara mengatasi rantai keteng yang kendur? Berikut ini beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan oleh para pengendara untuk mengatasi kondisi rantai keteng pada sepeda motor yang mulai kendur.

Melakukan Pengecekan Masalah

Untuk mengecek permasalahan dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah yaitu dengan memanaskan sepeda motor setiap paginya dan pengendara dapat mendengarkan apakah terdapat suara bising pada sepeda motor tersebut.

Melakukan Penggantian Bagian Penonjok Tensioner Dengan Baut

Dalam mengatasi rantai keteng pada sepeda motor yang mulai kendur, pengendara dapat melakukan penggantian bagian penonjok tensioner dengan menggunakan baut.

Pemasangannya harus dilakukan searah dengan tonjokan tensioner pada rantai keteng sehingga dapat menjadi penutup setelah selesai dibaut. Pada proses pemasangan baut, pengendara juga perlu memperhatikan soal penekan otomatis yang perlu untuk dilepaskan.

Lalu, setelah baut dipasang maka segera untuk memeriksanya kembali dan pastikan bahwa kondisi penekan otomatisnya tidak mundur.


Kondisi Rantai Keteng Mengendur? Inilah 6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Pada Sepeda Motor yang Mulai Kendur!-freepik-freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber