Cek Kesehatan Melalui Anting-anting, Kok bisa?

Cek Kesehatan Melalui Anting-anting, Kok bisa?

Cek Kesehatan Melalui Anting-anting, Kok bisa?--free pik.com

BACA JUGA:Tombol Beli Sekarang Amazon Diduga Bikin Pengguna Bayar Lebih Uang! Ini Klaim Terbaru Lho

Tim menemukan cara untuk memasang chip Bluetooth, baterai, dua sensor suhu, dan antena ke dalam anting dengan menyesuaikan cara menghubungkannya dengan perangkat untuk mengirimkan data.

Daripada memasangkan langsung dengan perangkat, anting tersebut menggunakan mode iklan Bluetooth – transmisi yang digunakan untuk menunjukkan perangkat Bluetooth dapat dipasangkan.

Setelah membaca suhu seseorang dan meneruskan datanya, anting akan memasuki mode tidur nyenyak untuk menghemat daya.

Para peneliti juga mengeksplorasi kegunaan suhu daun telinga untuk memandu upaya medis dan penelitian.

BACA JUGA:Kejati Sumsel Terima SPDP Kasus Narkotika 150 Kg dari Polda Sumsel

Sebuah penelitian terhadap lima pasien demam menemukan bahwa suhu rata-rata daun telinga mereka meningkat hampir 11 derajat Fahrenheit dibandingkan dengan suhu 20 pasien sehat – menunjukkan potensi anting-anting untuk memantau demam.

Dalam dunia kedokteran, kita sering memantau demam untuk menilai respons terhadap terapi – untuk melihat, misalnya, apakah antibiotik bekerja pada infeksi.

Kata rekan penulis Dr. Mastafa Springston , instruktur klinis pengobatan darurat di UW School of Obat-obatan. “Pemantauan jangka panjang adalah cara untuk meningkatkan sensitivitas dalam mendeteksi demam, karena demam bisa naik dan turun sepanjang hari.”

Suhu daun telinga juga cenderung lebih bervariasi dibandingkan suhu inti tubuh. Dalam pengujiannya, anting-anting tersebut berhasil mendeteksi variasi suhu yang terkait dengan makan, olahraga, stres, dan ovulasi, kata para peneliti.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni Akan Nyoblos di TPS 035 Demang Lebar Daun

Masih menurut Xue, perangkat wearable saat ini seperti Apple Watch dan Fitbit memiliki sensor suhu, namun perangkat tersebut hanya memberikan suhu rata-rata pada hari itu.

Sementara  pembacaan suhu dari pergelangan tangan dan tangan terlalu berisik untuk melacak ovulasi. “Jadi kami ingin mengeksplorasi penerapan unik untuk anting-anting tersebut, terutama penerapan yang mungkin menarik bagi wanita dan siapa saja yang peduli dengan fashion.” kata Xue.

Para peneliti selanjutnya berencana untuk melatih algoritme anting-anting tersebut agar lebih sesuai dengan setiap potensi penggunaan, dan untuk melakukan pengujian yang lebih ekstensif.

Iterasi di masa depan mungkin juga mencakup pemantauan detak jantung dan aktivitas, kata Xue. Perangkat tersebut berpotensi ditenagai oleh energi matahari atau energi kinetik yang dihasilkan oleh goyangan anting-anting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber