Batu Ginjal, Penyebab, Gejala, dan Metode Pengobatannya

Batu Ginjal, Penyebab, Gejala, dan Metode Pengobatannya

Batu Ginjal, Penyebab, Gejala, dan Metode Pengobatannya--free pik.com

BACA JUGA:Hati-hati! Ini Hukum Suap Menyuap dalam Islam Menurut Al-Qur’an dan Hadis

Nyeri saat Buang Air Kecil: Sensasi terbakar atau nyeri saat buang air kecil dapat terjadi ketika batu ginjal bergerak di dalam saluran kemih.

Urin Berdarah: Terkadang, batu ginjal dapat menyebabkan darah muncul dalam urin.

Mual dan Muntah: Beberapa orang dengan batu ginjal juga dapat mengalami mual dan muntah sebagai respons terhadap rasa nyeri yang dialami.

Metode Pengobatan Batu Ginjal

BACA JUGA:1.583 Surat Suara Rusak Dimusnahkan KPU Muara Enim

Pengobatan batu ginjal dapat dilakukan dengan berbagai metode tergantung pada ukuran, lokasi, dan jenis batu ginjal yang dimiliki oleh pasien. Beberapa metode pengobatan yang umum digunakan meliputi:

Minum Banyak Air: Minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu melarutkan batu ginjal yang kecil dan membantu membuangnya melalui urin.

Penggunaan Obat-obatan: Dokter dapat meresepkan obat penghilang rasa nyeri atau obat yang membantu melarutkan batu ginjal.

Litotripsi Ekstrakorporal: Metode ini menggunakan gelombang kejut untuk menghancurkan batu ginjal menjadi potongan-potongan kecil yang lebih mudah dikeluarkan melalui urin.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni Akan Nyoblos di TPS 035 Demang Lebar Daun

Operasi: Untuk batu ginjal yang lebih besar atau sulit dijangkau, prosedur operasi seperti PCNL (Percutaneous Nephrolithotomy) dapat dilakukan.

Prosedur ini melibatkan pembuatan sayatan kecil dan penggunaan nefroskop (selang kecil berkamera) serta alat khusus untuk memecah dan mengeluarkan batu ginjal.

Pencegahan: Setelah mengalami batu ginjal, langkah-langkah pencegahan seperti mengikuti diet sehat, minum banyak air, dan rutin memeriksakan diri kepada dokter dapat membantu mencegah terjadinya batu ginjal kembali.

Batu ginjal adalah kondisi medis yang umum terjadi dan dapat menyebabkan rasa nyeri serta masalah kesehatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber