Mata Sehat Tak Perlu Mahal, 10 Tips Sederhana untuk Penglihatan Optimal

Mata Sehat Tak Perlu Mahal, 10 Tips Sederhana untuk Penglihatan Optimal

Mata Sehat Tak Perlu Mahal, 10 Tips Sederhana untuk Penglihatan Optimal-StockSnap-Pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kehilangan penglihatan merupakan masalah besar yang mengganggu kehidupan sehari-hari. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS  memperkirakan 93 juta orang dewasa di AS berisiko tinggi Kehilangan penglihatan.

Meskipun Anda tidak selalu bisa memulihkan kehilangan penglihatan yang Anda alami, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan tindakan pencegahan untuk melindungi mata Anda di masa mendatang.

Dengan melakukan kebiasaan ini ke dalam rutinitas Anda, mata Anda akan tetap dalam kondisi yang baik untuk tahun-tahun mendatang.

1. Kenakan kacamata hitam 

Mengekspos mata Anda terhadap sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan seiring berjalannya waktu. Mengenakan kacamata hitam dapat menghalangi sinar UV yang berbahaya, menurunkan risiko penyakit mata seperti katarak, sengatan matahari, kanker mata, dan pertumbuhan di sekitar mata, menurut American Academy of Ophthalmology.

Kacamata terpolarisasi dengan lensa asap atau abu-abu mungkin memberikan perlindungan terbaik terhadap sinar matahari dan mengurangi silau.

BACA JUGA:5 Aplikasi GPS Terbaik untuk Perjalanan Menenangkan

2. Jeda layar

Waktu menatap layar dalam waktu lama dapat menyebabkan mata kering, nyeri pada leher dan bahu, penglihatan kabur, sakit kepala dan ketegangan mata digital, atau sindrom penglihatan komputer. American Optometric Association merekomendasikan penggunaan aturan 20-20-20 untuk mencegah sindrom visi komputer. Setiap 20 menit, lihatlah sesuatu yang berjarak setidaknya 6 meter selama 20 detik.

3. Istirahat membaca buku

Waktu menatap layar bukan satu-satunya cara untuk membuat mata Anda tegang.  Saat Anda membaca buku, Anda mungkin juga memegangnya dalam jarak dekat dalam waktu lama. Kedua aktivitas tersebut dapat menyebabkan rabun jauh, atau miopia, yang berarti objek yang jauh terlihat buram, sedangkan objek yang dekat terlihat jelas. 

Sama seperti Anda harus menggunakan aturan 20-20-20 untuk mengambil jeda layar, Anda juga harus menggunakan aturan ini untuk jeda buku. Jika Anda asyik dengan apa yang Anda baca atau lakukan di komputer, setel alarm agar Anda tidak melewatkan istirahat 20 menit.

BACA JUGA:4 TPS Khusus Disiapkan Lapas Muara Enim untuk 1.154 Mata Pilih

4. Gerakkan tubuh Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber