Mata Sehat Tak Perlu Mahal, 10 Tips Sederhana untuk Penglihatan Optimal

Mata Sehat Tak Perlu Mahal, 10 Tips Sederhana untuk Penglihatan Optimal

Mata Sehat Tak Perlu Mahal, 10 Tips Sederhana untuk Penglihatan Optimal-StockSnap-Pixabay

Olahraga teratur dapat memberikan manfaat kesehatan mata, seperti meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan menurunkan risiko terkena glaukoma dan retinopati diabetik, lapor AAO.

CDC merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang setiap minggu, ditambah dua hari latihan kekuatan untuk otot Anda. Anda juga dapat melakukan latihan mata untuk mengurangi ketegangan dan ketegangan mata sambil duduk di meja kerja.

5. Keluar rumah

Anak-anak dan orang dewasa perlu sering keluar rumah, meskipun Anda melakukan olahraga yang direkomendasikan di dalam ruangan. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu di luar ruangan memiliki risiko lebih rendah terkena rabun jauh pada masa remaja dan dewasa. 

Bermain bersama anak Anda di taman bermain setempat, berjalan-jalan di hutan, atau bahkan bermain di halaman belakang dapat membantu seluruh keluarga tetap sehat dan aktif. Pastikan untuk menggunakan kacamata hitam Anda.

BACA JUGA:Dikawal Ketat, Distribusi Logistik 8 Desa Wilayah Perairan Kecamatan Cengal OKI Aman

6. Jangan merokok

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit mata seperti katarak atau degenerasi makula terkait usia, menurut Food and Drug Administration.

Perokok memiliki peluang dua atau tiga kali lebih tinggi terkena katarak dan risiko AMD hingga empat kali lebih tinggi. Penelitian di masa depan dapat menentukan apakah merokok juga dapat menyebabkan glaukoma, penyakit mata Graves, penyakit mata tiroid, dan mendorong timbulnya atau perkembangan retinopati diabetik. Untuk meningkatkan kesehatan Anda, buatlah rencana berhenti.

7. Makan makanan yang seimbang

Makanan yang Anda makan setiap hari dapat meningkatkan kesehatan mata Anda.  Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, C dan E, beta-karoten, asam lemak omega-3, lutein, zeaxanthin dan zinc dapat membantu pertumbuhan sel, menurunkan peradangan jaringan mata dan membatasi radikal bebas yang dapat merusak mata.

Untuk mendapatkan nutrisi yang tepat untuk mata Anda, makanlah makanan seimbang dengan memasukkan beberapa makanan berikut ke dalam pola makan rutin Anda, seperti yang direkomendasikan oleh AAO:

BACA JUGA:Dikawal Ketat, Distribusi Logistik 8 Desa Wilayah Perairan Kecamatan Cengal OKI Aman

Vitamin A dan beta-karoten: Aprikot, wortel, melon, ubi jalar, cabai merah, keju ricotta, mangga.

Vitamin C: Grapefruit, jeruk, lemon, jeruk keprok, persik, stroberi, tomat, paprika merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber