Kenali Tanda-tanda Awal Mata Minus dan Pelajari Gejalanya Demi Kesehatan Mata Anda

Kenali Tanda-tanda Awal Mata Minus dan Pelajari Gejalanya Demi Kesehatan Mata Anda

Tanda-tanda Awal Mata Minus: Pelajari Gejalanya Demi Kesehatan Mata Anda-Adrian Swancar-unsplash.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - "Mata minus" atau miopia adalah kondisi mata di mana seseorang dapat melihat objek yang dekat dengan jelas, namun sulit untuk melihat objek yang jauh.

Angka -1.00 diopter merujuk pada tingkat keparahan miopia. Berikut adalah beberapa gejala umum yang mungkin dialami seseorang dengan mata minus sekitar -1.00.

Rabun jauh atau disebut juga mata minus membuat kita sulit melihat jarak, seperti melihat rambu lalu lintas, menulis di papan di depan kelas, atau menonton film yang terkesan gila, menonton film dari jauh.

Namun, penglihatan jarak dekat itu mudah, seperti membaca buku atau melihat layar monitor komputer.

BACA JUGA:4 Langkah Efektif Mengurangi Mata Minus: Temukan Solusinya di Sini!

Miopia terjadi ketika lensa mata meregang sehingga pantulan cahaya/foto dari benda di depan terfokus, bukan pada retina.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya harus digunakan alat bantu penglihatan seperti kacamata, lensa kontak, dan operasi korektif.

1. Sulit Melihat Jauh

Kesulitan melihat objek yang jauh dengan jelas adalah gejala utama mata minus. Orang dengan tingkat -1.00 mungkin mengalami ketidaknyamanan saat melihat objek yang berada pada jarak tertentu.

BACA JUGA:Mengungkap Misteri: Beberapa Unsur Kunci dalam Anatomi Mata Manusia

Pada saat dekat mata kita bisa melihat normal, tetapi ketika kita melihat yang jaraknya cukup jauh, tampak berbayang dan terlihat kabur, tidak jelas dalam melihat.

Sering kali ini mengganggu aktivitas keseharian kita, apalagi pekerjaan kita yang mengharuskan melihat jarak jauh seperti kontraktor, pengemudi bis, pilot, masinis, dan lain-lain.

2. Ketegangan Mata

Penderita mata minus mungkin merasa lelah atau tegang pada mata setelah beraktivitas, terutama setelah melihat objek yang jauh untuk waktu yang lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber