Mata Sehat Tak Perlu Mahal, 10 Tips Sederhana untuk Penglihatan Optimal

Mata Sehat Tak Perlu Mahal, 10 Tips Sederhana untuk Penglihatan Optimal

Mata Sehat Tak Perlu Mahal, 10 Tips Sederhana untuk Penglihatan Optimal-StockSnap-Pixabay

Vitamin E: Alpukat, almond, selai kacang, bibit gandum, biji bunga matahari.

Omega-3: Halibut, sarden, salmon, tuna, trout.

Lutein dan Zeaxanthin: Sawi, brokoli, telur, kacang polong, kangkung, bayam, selada romaine, lobak hijau.

Seng: Kacang lima, kacang merah, kacang polong, daging merah tanpa lemak, tiram, sereal yang diperkaya, unggas.

8. Hindari mengucek mata

Jika Anda terbiasa menggosok mata, hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata atau infeksi.  Mata kering dan ketegangan mata dapat membuat Anda ingin menggosok mata, dan beberapa orang mungkin menggosoknya terlalu banyak atau terlalu keras.

Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti penglihatan berkurang atau kabur, sakit kepala, peradangan, sensitivitas mata dan cahaya.  Alasan lain untuk menghindari menggosok mata adalah karena bakteri atau virus di jari atau tangan Anda dapat menyebabkan konjungtivitis, yang biasa disebut mata merah.

Daripada menggosok mata, gunakan obat tetes mata atau larutan garam untuk membersihkan mata dan menjaga kelembapannya. Tahan keinginan tersebut dan temukan hal lain yang dapat membuat tangan Anda sibuk sampai Anda menghentikan kebiasaan tersebut.

BACA JUGA:Klaim Beredar Hasil Perolehan Sementara Pilpres 2024 di Luar Negeri, Ini Hasilnya!

9. Cuci tangan Anda

Anda harus selalu mencuci tangan sebelum menyentuh wajah atau mata dan memegang lensa kontak. Hampir 45 juta orang Amerika memakai lensa kontak dan sekitar satu dari tiga pemakainya mengalami komplikasi, dengan satu dari lima infeksi lensa kontak menyebabkan kerusakan kornea.

Selain itu, tidak ada yang tahu jenis kuman apa yang ada pada benda yang Anda sentuh setelah seseorang tanpa sadar mencemari benda tersebut. Mencuci tangan secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit pernafasan hingga 21% dan penyakit diare hingga 40%, CDC melaporkan.

10. Hapus Make Up anda

Setelah hari yang melelahkan, hal terakhir yang mungkin Anda pikirkan adalah menghapus riasan mata sebelum tidur.  Melakukan hal itu bermanfaat bagi kesehatan mata Anda dan dapat menurunkan risiko blepharitis atau peradangan kelopak mata, menurut Optometrists Network.

Anda juga harus menerapkan praktik tata rias yang baik yang dapat menyelamatkan kulit dan mata Anda, seperti hanya menggunakan produk yang dibuat untuk mata, sering mengganti riasan (terutama setelah infeksi mata), tidak merias mata di kelopak mata bagian dalam, dan tidak pernah berbagi riasan mata dengan  orang lain. Jika Anda menggunakan kuas atau spons untuk merias mata, cucilah secara teratur.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber