AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros, Ini 5 Tips Biar Konsumsi AC Tidak Boros BBM

AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros, Ini 5 Tips Biar Konsumsi AC Tidak Boros BBM

AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Mobil Boros, Ini 5 Tips Biar Konsumsi AC Tidak Boros BBM-master1305-freepik

Oleh karena itu, pengguna mobil menggunakan AC dengan suhu serendah mungkin. Tujuannya untuk mendinginkan suhu kabin dengan cepat agar pengemudi tetap nyaman.

Faktanya, proses ini membuang-buang bahan bakar karena suhu AC dijaga tetap rendah. Otomatis, AC bekerja lebih keras dan memberikan beban lebih pada mesin.

Solusi apa yang bisa kita lakukan? Saya suka membiasakan parkir di tempat yang teduh. Jika Anda bisa parkir di tempat teduh, parkirlah agar suhu di dalam mobil tidak terlalu tinggi.

Memarkir mobil di tempat teduh akan membuat Anda merasa lebih nyaman saat berkendara. Karena suhu rumah tidak tinggi, maka tidak perlu menyetel AC ke suhu paling rendah.

BACA JUGA:Dapatkan 7 Tips Untuk Mengatur Sorot Lampu Mobil Anda.

4. Buka Kaca saat Baru Masuk ke Mobil

Membuka jendela saat masuk ke dalam mobil, banyak orang yang memilih menyalakan AC pada suhu paling rendah segera setelah masuk ke dalam mobil. Tujuannya untuk mendinginkan ruangan. Namun cara ini tidak bisa diatur karena akan menambah bobot mesin.

Disarankan untuk membuka jendela mobil terlebih dahulu dan menyalakan AC pada suhu ruangan. Tidak perlu menyalakan AC pada suhu paling rendah untuk menghemat bahan bakar. Cara ini berguna untuk pendinginan pada mobil yang kencang.

Jangan biarkan jendela mobil terbuka dalam waktu lama. Tunggu hingga suhu ruangan kembali normal. Tujuan dibukanya kaca adalah untuk memperlancar aliran udara dan mencegah panas di dalam mobil terlalu panas.

Selain itu, jendela mobil tidak perlu dibuka seluruhnya. Kalau dibuka sedikit, yang penting ada ruang agar udara di dalam mobil bisa keluar dan digantikan oleh udara luar.

5. Jangan Memaksakan Pemakaian AC

Pastikan Anda tidak memaksakan pemakaian AC dan Jangan  menyaring AC, apalagi jika bahan bakar hampir habis. Banyak orang memilih untuk membiarkan bahan bakarnya mendidih, meskipun bahan bakarnya hampir habis.

BACA JUGA:Mengantuk Saat Berkendara? Inilah 8 Hal yang Dapat Dilakukan Dalam Mengatasi Rasa Kantuk di Perjalanan!

Dalam situasi ini, lebih baik membuka jendela mobil terlebih dahulu, daripada memaksakan penggunaan AC. Tunggu hingga terisi penuh sebelum menyalakan AC mobil Anda.

Jika Anda memaksakan diri menggunakan AC dalam kondisi yang tidak wajar ini, Anda hanya akan merugi. Ini merupakan tantangan nyata karena jika Anda kehabisan bahan bakar di tengah jalan, mobil Anda akan terdorong ke SPBU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber