Mengantuk Saat Berkendara? Inilah 8 Hal yang Dapat Dilakukan Dalam Mengatasi Rasa Kantuk di Perjalanan!

Mengantuk Saat Berkendara? Inilah 8 Hal yang Dapat Dilakukan Dalam Mengatasi Rasa Kantuk di Perjalanan!

Mengantuk Saat Berkendara? Inilah 8 Hal yang Dapat Dilakukan Dalam Mengatasi Rasa Kantuk di Perjalanan!-pvproductions-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Mengantuk pada saat sedang berkendara merupakan kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

Kebiasaan ini tentunya harus dihilangkan oleh para pengendara. Penyebab mengantuk saat berkendara yang paling sering terjadi yaitu akibat kondisi dari pengendara yang kelelahan. Kelelahan yang dialami oleh pengendara tentunya dapat membuat tubuh menjadi lemas dan membuat rasa kantuk datang.

Selain akibat dari kelelahan, melewati jalanan yang lurus dan lancar seperti saat melewati jalan tol juga sering kali menjadi pemicu timbulnya rasa kantuk pada pengendara. Ditambah lagi jika berkendara dengan kondisi malam hari yang cukup gelap dengan udara dingin yang berhembus.

Berkendara saat sedang mengantuk tentunya perlu untuk dihindari, sehingga pengendara sebaiknya tidak memaksakan diri untuk terus melanjutkan perjalanan. Sebenarnya terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pengendara untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut.

BACA JUGA:7 Tips Memilih Merk Ban Mobil Terbaik di Indonesia

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para pengendara untuk mengatasi rasa kantuk yang datang pada saat sedang berkendara di perjalanan.

Berhenti dan Istirahat Sejenak

Jika pengendara sedang mengantuk maka sebaiknya jangan dipaksakan untuk terus berkendara, pengendara sebaiknya menepi dan beristirahat sejenak.

Saat ini sudah banyak jalanan luar kota yang telah dilengkapi dengan banyaknya kehadiran rest area. Rest area ini umumnya dilengkapi dengan tempat parkir yang luas dan lengkap dengan adanya restoran yang akan membuat pengendara menjadi lebih mudah dan nyaman untuk beristirahat.

Pengendara dapat beristirahat dengan tidur sekitar 15 menit untuk dapat menghilangkan rasa kantuk. Namun, jika hal tersebut telah dilakukan tetapi  rasa kantuk yang menyerang masih belum hilang maka sebaiknya jangan melanjutkan perjalanan.

Pengendara dapat melakukan cara ini setiap dua jam sekali demi keselamatan dan kenyamanan di perjalanan.

Jangan Meminum Obat Sebelum Berkendara

Saat ingin berkendara dengan kendaraan apapun maka pengendara sebaiknya tidak meminum obat sebelum berkendara.Terlebih lagi jika obat tersebut mempunyai efek samping yang dapat memicu rasa kantuk yang berlebihan.


Mengantuk Saat Berkendara? Inilah 8 Hal yang Dapat Dilakukan Dalam Mengatasi Rasa Kantuk di Perjalanan!-jcomp-freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber