Telat Mengganti Oli Pada Sepeda Motor, Inilah 6 Dampak Sering Telat Melakukan Penggantian Oli Motor!

Telat Mengganti Oli Pada Sepeda Motor, Inilah 6 Dampak Sering Telat Melakukan Penggantian Oli Motor!

Telat Mengganti Oli Pada Sepeda Motor, Inilah 6 Dampak Sering Telat Melakukan Penggantian Oli Motor!-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Telat mengganti oli merupakan kebiasaan yang sering terjadi pada pengendara sepeda motor, kebiasaan ini tentunya dapat menimbulkan kerusakan jangka panjang.

Perawatan pada sepeda motor tentunya dibutuhkan untuk dapat menjaga kinerjanya tetap optimal. Salah satu Perawatan paling umum untuk dilakukan yaitu melakukan penggantian oli motor.

Oli motor merupakan pelumas yang bekerja untuk menjaga mesin motor, oli motor akan melumasi mesin motor agar gesekan yang terjadi antar komponen dapat berjalan lancar.

Selain itu, oli motor juga akan bekerja dengan menyerap panas dari gesekan yang terjadi antar komponen pada mesin motor tersebut.

BACA JUGA:Bukan Hanya Berdampak Positif, Inilah 6 Dampak Negatif Melakukan Oversize Piston Motor Pada Sepeda Motor!

Setelah digunakan, kualitas oli motor untuk melumasi tentunya akan menjadi menurun yang diakibatkan oleh gram pada mesin motor.

Berikut ini beberapa dampak yang dapat terjadi akibat pengendara sering telat dalam melakukan penggantian oli motor pada sepeda motor miliknya.

Sepeda Motor Menjadi Tidak Nyaman Saat Digunakan Berkendara

Telat dalam melakukan penggantian oli motor dapat membuat sepeda motor menjadi tidak nyaman saat digunakan berkendara.

Pengendara yang menggunakan sepeda motor mungkin akan mendengar suara yang mengganggu dari arah mesin motor.

Sepeda motor akan menjadi tidak bertenaga saat pengendara harus melewati jalan yang menanjak. Sepeda motor juga bisa menjadi mogok kapan saja, padahal pengendara sedang berada dalam perjalanan menuju suatu tempat.

Hal tersebut tentunya akan mengganggu aktivitas, padahal hanya karena telat melakukan penggantian oli motor. Jika pengendara menginginkan usia pemakaian sepeda motor yang jauh lebih lama, maka lakukan penggantian oli motor secara rutin.


Telat Mengganti Oli Pada Sepeda Motor, Inilah 6 Dampak Sering Telat Melakukan Penggantian Oli Motor!-mdjaff-freepik

Penggantian oli motor ini perlu untuk dilakukan setiap 1.500 Km hingga 4.000 Km atau sebulan hingga dua bulan sekali. Komponen Motor Mempunyai Usia Pemakaian yang Pendek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber