Telat Mengganti Oli Pada Sepeda Motor, Inilah 6 Dampak Sering Telat Melakukan Penggantian Oli Motor!

Telat Mengganti Oli Pada Sepeda Motor, Inilah 6 Dampak Sering Telat Melakukan Penggantian Oli Motor!

Telat Mengganti Oli Pada Sepeda Motor, Inilah 6 Dampak Sering Telat Melakukan Penggantian Oli Motor!-freepik-freepik

Kerusakan komponen motor tersebut dapat terjadi lebih cepat dibandingkan dengan sepeda motor yang rutin melakukan penggantian oli.

Padahal komponen tersebut seharusnya dapat digunakan hingga belasan bahkan puluhan tahun. Pengendara perlu bersiap dengan kerusakan akibat telat mengganti oli motor ini hanya dalam hitungan beberapa tahun.

Hain ini tentunya akan membuat pengendara yang ingin berkendara dengan nyaman menjadi berkurang kenyamanannya.

Membuat Konsumsi Bahan Bakar Menjadi Lebih Boros

Telat melakukan penggantian oli motor juga dapat membuat tingkat konsumsi bahan bakar menjadi semakin boros. Hal i

BACA JUGA:Solusi Irit BBM dengan Suzuki XL7 MPV Baru, Cocok untuk Keluarga Indonesia

Meskipun bahan bakar yang digunakan sudah terlalu banyak, namun hal ini tidak diimbangi dengan performa dari sepeda motor. Kelajuan dari sepeda motor tentunya tidak akan menjadi cepat sesuai dengan bahan bakar yang digunakan.

Mesin Motor Akan Menjadi Cepat Panas

Bukan hanya sistem pendingin pada sepeda motor saja yang bekerja untuk dapat menyerap panas dari ruang bakar. Namun, oli motor ternyata juga mempunyai peran cukup besar dalam menyerap panas yang muncul akibat gesekan yang terjadi pada mesin motor.

Overheat yang terjadi pada sepeda motor ini juga dapat terjadi akibat pengendara yang sering menunda untuk mengganti oli motor. Kerusakan karena panas ini juga dapat mempengaruhi komponen seperti kepala silinder menjadi melengkung, kepala silinder yang melengkung ini tidak dapat diperbaiki tetapi harus diganti.

Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih

Telat mengganti oli motor tentunya cukup berbahaya bagi mesin motor seperti blok silinder dan piston menjadi baret.Oli motor yang telah lama tidak dilakukan penggantian tentunya bukan hanya akan berkualitas buruk namun volume oli motor juga akan menurun.


Telat Mengganti Oli Pada Sepeda Motor, Inilah 6 Dampak Sering Telat Melakukan Penggantian Oli Motor!-freepik-freepik

Ketersediaan oli yang kurang ini tentunya dapat meningkatkan gesekan yang terjadi antara piston dengan blok silinder. Hal ini akan mengakibatkan munculnya baret dan efeknya yaitu timbul asap putih pada knalpot. Asap putih ini dapat disebabkan oleh masuknya oli pada bagian celah piston dan blok silinder yang mengalami baret.

Dapat dikatakan bahwa kebocoran yang sedang terjadi hanya dapat diatasi dengan melakukan penggantian komponen mesin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber