Bukan Hanya Berdampak Positif, Inilah 6 Dampak Negatif Melakukan Oversize Piston Motor Pada Sepeda Motor!

Bukan Hanya Berdampak Positif, Inilah 6 Dampak Negatif Melakukan Oversize Piston Motor Pada Sepeda Motor!

Bukan Hanya Berdampak Positif, Inilah 6 Dampak Negatif Melakukan Oversize Piston Motor Pada Sepeda Motor!-jannoon028-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Melakukan modifikasi terhadap sepeda motor bukan hanya dapat dilakukan pada tampilan atau visual saja, namun juga dapat dilakukan pada komponen motor lainnya seperti pada mesin motor.

Salah satu modifikasi yang dapat dilakukan pada mesin motor yaitu melakukan oversize pada komponen piston motor. oversize dapat diartikan sebagai mengganti atau memperbesar piston serta melakukan bubut boring pada ruang bakarnya yang berfungsi untuk memperbesar kemampuan boring.

Melakukan oversize artinya yaitu melakukan penggantian ukuran piston pada sepeda motor menjadi lebih besar dibandingkan dengan ukuran bawaannya.

Oversize piston motor dapat diartikan sebagai modifikasi mesin motor dengan cara memperbesar ukuran atau diameter pada piston motor.

BACA JUGA:Disney Mengumumkan Moana 2, Petualangan Pasifik Selatan yang Dinanti

Oversize merupakan langkah yang dapat dilakukan pada saat ruang bakar bermasalah. Pada umumnya oversize piston motor dapat dilakukan pada sepeda motor yang mempunyai usia pakai yang tinggi.

Seperti halnya pada motor tua yang mulai mengeluarkan asap dari knalpot yang diakibatkan oleh kebocoran kompresi pada mesin motor tersebut.

Oversize pada piston motor umumnya dilakukan pada saat sepeda motor telah mengalami aus yang diakibatkan oleh usia pemakaian yang telah lama atau usia pemakaian sepeda motor yang sudah tua.

Manfaat yang bisa didapatkan dari oversize pada piston motor yaitu kompresi mesin motor menjadi kembali normal dan performa sepeda motor jadi meningkat.

Oversize merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh pengendara dalam memperbaiki kerusakan ruang bakar yang terjadi pada mesin motor.


Bukan Hanya Berdampak Positif, Inilah 6 Dampak Negatif Melakukan Oversize Piston Motor Pada Sepeda Motor!--Foto: instagram@vspml

Mesin motor yang telah dilakukan oversize, tentunya akan mempunyai tarikan yang lebih responsif dan tenaga yang dihasilkan menjadi jauh lebih besar.

Namun, oversize piston motor ternyata tidak hanya berdampak positif bagi mesin motor. Melakukan oversize piston motor ternyata juga mempunyai dampak negatif yang perlu untuk diperhatikan.

Lalu, apa saja dampak negatif akibat melakukan oversize pada piston motor? Berikut ini beberapa dampak negatif yang terjadi jika seorang pengendara sepeda motor melakukan oversize piston motor pada mesin motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber