Apa Saja Jenis Suspensi Motor? Inilah 5 Jenis Komponen Suspensi Sepeda Motor Untuk Kenyamanan Berkendara!

Apa Saja Jenis Suspensi Motor? Inilah 5 Jenis Komponen Suspensi Sepeda Motor Untuk Kenyamanan Berkendara!

Apa Saja Jenis Suspensi Motor? Inilah 5 Jenis Komponen Suspensi Sepeda Motor Untuk Kenyamanan Berkendara--Foto : Instagram.com/5motor_lombok

BACA JUGA:Keunggulan Mobil Daihatsu Xenia! Kestabilan, Kesejukan Suspensi, dan Performa Tangguh untuk Road Trip


Telescopic Up Side Down merupakan jenis suspensi yang menjadi kebalikan dari jenis suspensi Telescopic Fork--Foto : Instagram.com/@layzmotor

 

Jenis suspensi ini mempunyai kelebihan yaitu mempunyai handling yang lebih baik, namun jenis suspensi ini mempunyai harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan suspensi Telescopic Fork biasa.

 

Plunger Rear Suspension

Plunger Rear Suspension merupakan jenis suspensi yang telah jarang ditemukan, karena jenis suspensi ini kebanyakan digunakan pada sepeda motor keluaran lama.

Komponen suspensi ini mirip dengan plunger, dimana pada bagian dalamnya terdapat spring. Plunger ini berjumlah dua bagian yang terletak pada bagian samping roda belakang sepeda motor dan pada saat terjadi tekanan maka roda belakang akan bergerak dengan arah vertikal.

BACA JUGA:Cara Mengoptimalkan Kinerja Suspensi Mobil untuk Kenyamanan Berkendara

 

Swing Arm Rear Suspension

Swing Arm Suspension merupakan jenis suspensi belakang sepeda motor yang menggunakan lengan yang satu ujungnya terhubung dengan poros roda dan ujung lainnya terhubung dengan frame sepeda motor.

Suspensi ini terbagi menjadi 3 tipe yaitu: Mono Shock Dual Swing Arm, Dual Shock Dual Swing Arm, dan Mono Shock Single Swing Arm.

Mono Shock Dual Swing Arm merupakan tipe suspensi yang dikenal dengan cirinya yaitu hanya terdapat 1 pegas coil yang letaknya di bagian dalam.

BACA JUGA:Inilah Alasan Mengapa Mengganti Shockbreaker Harus Sepasang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber