Apa Saja Jenis Suspensi Motor? Inilah 5 Jenis Komponen Suspensi Sepeda Motor Untuk Kenyamanan Berkendara!

Apa Saja Jenis Suspensi Motor? Inilah 5 Jenis Komponen Suspensi Sepeda Motor Untuk Kenyamanan Berkendara!

Apa Saja Jenis Suspensi Motor? Inilah 5 Jenis Komponen Suspensi Sepeda Motor Untuk Kenyamanan Berkendara--Foto : Instagram.com/5motor_lombok

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Suspensi merupakan komponen pada sepeda motor yang umumnya terletak pada bagian depan dan bagian belakang.

Pada saat pengendara melalui jalanan yang tidak rata maka akan tetap mendapatkan sensasi berkendara yang aman dan nyaman dengan adanya komponen suspensi ini.

Hal ini dikarenakan komponen suspensi memang mempunyai fungsi utama untuk menyerap getaran pada roda agar tidak mencapai body sepeda motor secara penuh.

Namun, setiap jenis sepeda motor tentunya mempunyai kebutuhan suspensi yang berbeda untuk mendapatkan kenyamanan berkendara yang sesuai.

BACA JUGA:Shockbreaker atau Suspensi Bagian Depan? Inilah 9 Komponen Pembentuk Suspensi Depan Sebuah Sepeda Motor!

Berikut ini beberapa jenis suspensi sepeda motor yang perlu untuk diketahui oleh para pengendara agar mendapatkan kualitas berkendara yang aman dan nyaman.

Telescopic Fork

Jenis suspensi Telescopic Fork merupakan jenis suspensi yang paling umum digunakan pada semua jenis sepeda motor.

Suspensi Telescopic Fork ini dapat digunakan pada motor bebek, motor matic, dan motor sport. Jenis suspensi ini mempunyai ciri utama yaitu sistem peredaman yang terjadi di dalam tangkai penahan roda.

BACA JUGA:Jenis Suspensi atau Shockbreaker? Inilah Perbedaan Suspensi Depan dan Suspensi Belakang Pada Sepeda Motor!

Hal inilah yang membuat di dalam satu sisi roda hanya terdapat sebuah tangkai yang terdiri dari dua tabung.

Tabung di bawah disebut dengan slider yang mempunyai fungsi sebagai tabung suspensi yang diisi oleh per dan fluida shockbreaker.

Sedangkan tabung di atas yang berwarna mengkilap bernama fork tube yang terhubung dengan kemudi dari sepeda motor.

Suspensi ini akan bekerja saat berada dalam kondisi normal. Spring yang terletak di dalam fork tube akan mendorong bagian atas fork tube dan dumper sod, sehingga panjang suspensi menjadi lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber