Sejak 1950-an Mini Cooper, Tak Lekang Oleh Waktu dan Kini Menjadi Primadona Mobil Ramping

Sejak 1950-an Mini Cooper, Tak Lekang Oleh Waktu dan Kini Menjadi Primadona Mobil Ramping

Sejak 1950-an Mini Cooper, Tak Lekang Oleh Waktu dan Kini Menjadi Primadona Mobil Ramping --Foto : Instagram@hanyaminicooper

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sejarah Mini Cooper dimulai pada tahun 1950-an. Mini Cooper adalah salah satu mobil paling populer dan mengesankan di industri otomotif. Sejak diluncurkan pada tahun 1959, mobil telah menjalani perjalanan yang panjang dan menarik, penuh tantangan dan perubahan.

Namun mobil asal Inggris ini tetap bertahan dan menjadi simbol mobilitas perkotaan, gaya hidup, dan budaya populer. Mini Cooper terus memikat hati para pecinta mobil di seluruh dunia. Bagaimana sejarah perkembangan Mini Cooper dari masa ke masa? Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Awal Mula (1959-1967) Mini Cooper

Awal mula mobil Mini Cooper pada tahun 1959 sampai dengan tahun1967an. Mini Cooper diproduksi oleh insinyur legendaris Sir Alec Issigonis di bawah naungan BMC (British Motor Corporation). 

BACA JUGA:Mini Cooper EV, Generasi Keempat BMW Mini Siap Melintasi Jalanan

Mobil ini pertama kali diperkenalkan sebagai Austin Seven dan Morris Mini-Minor.Namun hal itu segera berubah ketika desainer mobil balap John Cooper memperkenalkan Mini Cooper versi performa tinggi.

Sentuhan desain Issigonis untuk Cooper termasuk mesin yang lebih bertenaga, rem yang lebih besar, dan penyetelan yang lebih sporty yang meningkatkan performa mobil. Hasilnya adalah Mini Cooper dengan mesin yang lebih bertenaga, suspensi yang lebih baik, dan rem yang lebih kuat.

Mobil ini dikenal dengan nama Morris Mini Cooper S pada tahun 1964. Mini Cooper terinspirasi dari pengembangan model ADO-15 dan diterapkan pada mobil Morris Mini Mark I dan II.

Hatchback dua pintu yang dilengkapi model ADO-20 ini memiliki ukuran kompak dengan panjang kurang lebih 3m, lebar 1,5m, dan tinggi 1,3m. Meski berukuran kecil, Mini Cooper mampu menampung lima orang, empat orang dewasa, dan satu anak-anak, sehingga cocok dijadikan city car.

BACA JUGA:Nantikan Rilisan Terbaru Mini Cooper SE, Tampilan Lucu Cocok untuk Cewek-Cewek


Awal Mula (1959-1967) Mini Cooper--Foto : [email protected]

 

Perjalanan menuju ketenaran (1967-1980)

Menuju kesuksesan mobil Mini Cooper mendekati ketenaran pada tahun 1967 sampai dengan tahun 1980an. Pada tahun-tahun berikutnya, kepemilikan perusahaan Mini Cooper mengalami banyak perubahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber