Sejak 1950-an Mini Cooper, Tak Lekang Oleh Waktu dan Kini Menjadi Primadona Mobil Ramping

Sejak 1950-an Mini Cooper, Tak Lekang Oleh Waktu dan Kini Menjadi Primadona Mobil Ramping

Sejak 1950-an Mini Cooper, Tak Lekang Oleh Waktu dan Kini Menjadi Primadona Mobil Ramping --Foto : Instagram@hanyaminicooper

Pada tahun 1967, BMC menjadi bagian dari British Leyland Motor Corporation, dan divisi Austin dan Morris bergabung menjadi Divisi Austin Morris.Mobil ini terkenal dengan ukurannya yang kecil dan desain yang inovatif pada saat itu, dan banyak model yang dirilis. Model mini pada saat itu antara lain Morris Mini-Minor dan Austin Seven, Countryman, Moke, 1275 GT dan Clubman.

Meskipun terjadi perubahan struktural perusahaan, Mini Cooper tetap populer di kalangan penggemar dan penggemar mobil.Mini menjadi sangat populer setelah mencatat kemenangan mengesankan di Kejuaraan Monte Carlo pada tahun 1964, 1965 dan 1967.

BACA JUGA:10 Harga Mobil Mewah Ini Pun Jadi Primadona, Ada yang Mencapai Hingga 90 Miliar Rupiah!

Kunci kesuksesan terletak pada tata letak mesin dan transmisi serta penggerak roda depan yang unik.Konsep inovatif ini masih baru pada saat itu dan belum pernah diterapkan sebelumnya, namun berhasil membuktikan kehandalan Mini Cooper di ajang penting tersebut.

Kesuksesan Mini Cooper di ajang ini meningkatkan popularitas internasionalnya. Banyak pembalap papan atas dan tim reli yang ingin menggunakan Mini Cooper sebagai kendaraan andalannya di berbagai kompetisi motorsport.

Selain itu, prestasi Mini Cooper di pasar otomotif telah menggugah minat masyarakat luas sehingga semakin meningkatkan popularitasnya sebagai mobil sehari-hari yang stylish dan praktis.

Mobil ikonik ini semakin populer ketika muncul di film dan acara TV populer seperti The Italian Job karya Troy Kennedy Martin.

BACA JUGA:12 Mobil Mewah yang Pernah Menjajal Jalanan di Indonesia


Diambil alih oleh BMW --Foto : insagram/@dunia minicooper

 

Diambil alih oleh BMW

BMW mengambil alih pada tahun 1994, British Aerospace (BAe) menjual divisi mobil Rover Group, termasuk merek Mini, kepada BMW. Penjualan ini menghidupkan kembali Mini Cooper.

BMW berinvestasi dalam merevitalisasi mereknya dengan memperkenalkan desain yang lebih modern dengan tetap mempertahankan tampilan klasiknya. Memperkenalkan Mini Cooper berikutnya untuk mobil ikonik ini.Di awal tahun 2000-an, Mini Cooper terlahir kembali dengan diperkenalkannya generasi baru.

Peluncuran generasi baru menghadirkan keseruan baru pada mobil ikonik ini dan memperkuat komitmen merek terhadap gaya, performa, dan identitas Mini Cooper.Model yang ada pada saat itu antara lain Mini Hatch, Mini Clubman, Mini Countryman, Mini Coupé, Mini Roadster dan Mini Paceman.

BACA JUGA: Deretan Mobil Mewah Pemain Sepak Bola, Dari Beckham hingga Neymar, Harga Fantastis Mencapai Ratusan Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber