Apa yang Membedakan Antara Aki Basah Dan Aki Kering? Inilah 5 Perbedaan Dari Kedua Jenis Aki Motor Tersebut!

Apa yang Membedakan Antara Aki Basah Dan Aki Kering? Inilah 5 Perbedaan Dari Kedua Jenis Aki Motor Tersebut!

Apa yang Membedakan Antara Aki Basah Dan Aki Kering? Inilah 5 Perbedaan Dari Kedua Jenis Aki Motor Tersebut! --Foto: instagram-csbibali

Perawatan Pada Kedua Jenis Aki

Perbedaan aki basah dan aki kering juga terletak pada perawatannya, jenis aki kering pada umumnya tidak membutuhkan perawatan yang intensif seperti halnya dalam merawat aki basah.

Aki kering tidak mempunyai cairan elektrolit yang dapat menguap, sehingga pengendara tidak perlu secara rutin untuk mengecek atau mengisi cairan elektrolitnya.

BACA JUGA:Eksplorasi Fitur Mobil MG 5 GT: Coupe 4 Pintu Dengan Harga Terjangkau di Bawah Rp350 Juta

Selain itu, jenis aki kering juga tidak mengeluarkan gas yang berbahaya selama proses pengisian daya, sehingga pengendara tidak perlu merasa khawatir mengenai ventilasi ruangan pada saat sedang mengisi daya dari aki kering tersebut.

Stabilitas Tegangan Pada Kedua Jenis Aki

Perbedaan antara jenis aki basah dan aki kering juga terletak pada stabilitas tegangan yang dihasilkan oleh kedua jenis aki motor tersebut.

Jenis aki kering cenderung akan memberikan tegangan yang lebih stabil jika dibandingkan dengan jenis aki basah.

Hal ini dapat terjadi karena jenis aki kering menggunakan teknologi yang lebih canggih dalam menghasilkan dan mempertahankan tegangan listrik yang konstan.

Tegangan yang stabil tentunya sangat penting dalam upaya untuk menjaga kinerja sistem kelistrikan pada sepeda motor yang optimal.

Jika sepeda motor mempunyai tegangan yang stabil maka akan membuat pengendara mampu menghindari permasalahan seperti kerusakan pada perangkat elektronik maupun sistem pengapian yang tidak efisien.


Apa yang Membedakan Antara Aki Basah Dan Aki Kering? Inilah 5 Perbedaan Dari Kedua Jenis Aki Motor Tersebut!--foto: instagram-toko_aki_am

Bentuk Cairan Pada Kedua Jenis Aki

Kedua jenis aki motor ini dapat dibedakan melalui karakteristik cairannya. Jenis aki kering mempunyai cairan padat yang berbentuk gel, sementara jenis aki basah mempunyai cairan yang mirip dengan air biasa.

Jenis aki basah ini menggunakan cairan air accu dan air zuur. Perbedaan bentuk cairan ini tentunya menjadi faktor yang sangat mudah untuk diamati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber