Apa yang Membedakan Antara Aki Basah Dan Aki Kering? Inilah 5 Perbedaan Dari Kedua Jenis Aki Motor Tersebut!

Apa yang Membedakan Antara Aki Basah Dan Aki Kering? Inilah 5 Perbedaan Dari Kedua Jenis Aki Motor Tersebut!

Apa yang Membedakan Antara Aki Basah Dan Aki Kering? Inilah 5 Perbedaan Dari Kedua Jenis Aki Motor Tersebut! --Foto: instagram-csbibali

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Aki motor merupakan salah satu komponen penting bagi sistem kelistrikan pada sepeda motor. Di Indonesia sendiri, jenis Aki yang paling umum digunakan terbagi menjadi dua jenis yaitu Aki kering dan Aki basah.

Sebelum mengetahui perbedaan dari kedua jenis aki tersebut, sebaiknya para pengendara sepeda motor mengetahui fungsi dari komponen tersebut terlebih dahulu.

Aki motor berfungsi untuk menyimpan energi listrik dan menyuplai daya pada sistem pengapian, lampu, dan berbagai komponen sepeda motor lainnya. 

Meskipun kedua jenis aki motor tersebut mempunyai fungsi yang sama, namun terdapat beberapa perbedaan penting antara aki kering dan aki basah yang perlu untuk diketahui sebelum memilih untuk menggunakan salah satu dari jenis aki motor tersebut.

BACA JUGA:Sebulan 4 Kali Tempat Penyulingan BBM Ilegal di Muba Terbakar, 4 Orang Ditangkap Polisi

Hal ini tentunya sangat penting bagi pengendara untuk memahami perbedaannya agar dapat memilih jenis aki motor yang tepat.

Lantas, apa saja sih hal yang membedakan antara kedua jenis aki motor tersebut? Berikut ini beberapa perbedaan antara aki basah dan aki kering pada sebuah sepeda motor. 

Wadah Dari Kedua Jenis Aki

Aki basah merupakan jenis aki yang menggunakan wadah semi transparan, penggunaan wadah semi transparan ini bertujuan agar pengendara menjadi lebih mudah untuk mengecek volume air aki.

Air aki yang digunakan pada jenis aki basah ini yaitu air accu dan air zuur. Jenis aki basah ini terbilang cukup berbeda jika dibandingkan dengan aki kering.

Hal ini karena aki kering terbilang mempunyai perawatan yang minim, itulah yang membuat jenis aki kering ini juga sering disebut sebagai aki MF (Maintenance Free) atau bebas perawatan.


Apa yang Membedakan Antara Aki Basah Dan Aki Kering? Inilah 5 Perbedaan Dari Kedua Jenis Aki Motor Tersebut! --Foto: instagram-csbibali

Jenis aki kering ini tidak perlu dilakukan pengisian air aki, wadah aki kering juga mempunyai perbedaan yang mencolok jika dibandingkan dengan aki basah.

Aki kering biasanya mempunyai wadah dengan desain yang tertutup sepenuhnya dengan menggunakan bahan yang solid sehingga pengendara tidak dapat melihat isi di dalam aki tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber