Eksplorasi Kendaraan Listrik, Alva One dan Cervo Tetap Handal di Rute Berlekuk

Eksplorasi Kendaraan Listrik, Alva One dan Cervo Tetap Handal di Rute Berlekuk

Eksplorasi Kendaraan Listrik, Alva One dan Cervo Tetap Handal di Rute Berlekuk--pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Kendaraan listrik Alva, hasil karya PT Indika Energy Tbk (INDY), terbukti masih dapat diandalkan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan di rute yang memiliki kemiringan cukup signifikan.

Tim Bisnis Indonesia telah menguji motor listrik Alva One dan Cervo melalui acara Xplore motor listrik, menemukan bahwa keduanya mampu menempuh jarak minimal 60 kilometer dengan baterai yang masih tersisa.

Dalam rangkaian acara ini, 12 unit dari berbagai merek seperti Alva, United, Smoot, dan Volta telah diujicoba oleh tim melalui rute Jakarta-Sentul.

Hasil uji coba menunjukkan bahwa Alva One mampu mencapai kecepatan rata-rata 50-60 kilometer per jam dengan tersisa baterai sekitar 8%, tanpa perlu melakukan pengisian daya.

BACA JUGA: Serba-Serbi Stuja Coffee Bali! Sejarah, Proses, dan Keistimewaannya

Sementara itu, model yang lebih mengedepankan performa seperti Alva Cervo dapat mencapai kecepatan 50-70 kilometer per jam dengan tersisa baterai sekitar 9% pada jarak tempuh yang sama.

Anggota tim Xplore Motor Listrik yang menggunakan Alva Cervo mengakui bahwa awalnya mereka tidak memiliki harapan tinggi terhadap unit tersebut.

Namun, selama pengujian, mereka menemukan bahwa motor ini mampu melewati jalur-jalur curam seperti halnya motor konvensional.

Dengan harga Rp29,49 juta untuk ACC-BN A/T atau Alva One, dan Rp35,75 juta untuk ADC-BP A/T atau Cervo, kedua motor listrik ini memang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam. 

BACA JUGA:Wanita yang di-PHK di LinkedIn sekarang menghasilkan gaji dua kali lipat di Google.

Secara dimensi, Alva One memiliki panjang 1.960 mm, lebar 755 mm, dan tinggi 1.200 mm dengan ground clearance dan wheelbase sebesar 1.370 mm.

Motor ini menggunakan mesin hub drive dengan tenaga terukur 4 kW dan torsi maksimum 46,5 Nm.  Baterai Alva One menggunakan teknologi lithium dengan kapasitas 27 kWh dan dapat diisi daya dalam waktu hingga 4 jam untuk satu baterai.

Alva Cervo, di sisi lain, dianggap lebih cocok untuk performa harian karena memiliki jarak tempuh yang lebih jauh, dilengkapi dengan tombol boost untuk menambah kecepatan dalam hitungan detik. 

Baterai yang digunakan adalah teknologi lithium dengan kapasitas 1,8 kWh, dan waktu pengisian daya sekitar 4 jam untuk dua baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber