Persneling Gigi Motor Rusak? Kenali Tanda Tanda dan Penyebabnya

Persneling  Gigi Motor Rusak?  Kenali Tanda Tanda dan Penyebabnya

Persneling Gigi Motor Rusak? Kenali Tanda Tanda dan Penyebabnya--youtube.com/@wantochannel9166

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Bagi pengendara motor yang menggunakan motor dengan persneling, sangat mungkin tidak luput dalam menghadapi kendala tertentu.

Terkadang, persneling motor bisa loncat dengan mudah, atau bahkan terjadi kehilangan kekencangan dan kesulitan saat mengoperasikan persneling.

Perpindahan roda gigi atau persneling motor yang tiba-tiba ngelos dapat menjadi masalah yang bagi pengendara motor. Tentu saja, hal ini bisa menjadi sangat mengganggu, terutama jika sedang dalam keadaan terburu-buru untuk pergi ke tempat kerja.

Kejadian ini umumnya terjadi pada motor yang sudah memasuki usia yang cukup matang. Mungkin anda sendiri juga pernah mengalami situasi di mana setelah mengganti perseneling, ternyata perseneling tersebut kembali ke posisi semula.

BACA JUGA:Memahami Bahaya : Tanda-tanda Kampas Rem Mobil yang Perlu Diperhatikan

Atau ketika mencoba beralih ke satu gigi, malah berpindah ke gigi lain. Hal inilah yang disebut sebagai kondisi perseneling motor yang mengalami masalah kehilangan kekencangan atau "los".

Lalu, Apa saja yang menjadi penyebab gigi motor sulit masuk atau mengalami ngelos? Mari simak, berikut ini beberapa faktor penyebab dan langkah-langkah mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Gigi Motor yang Sering Loncat

Nah, penting untuk Anda ketahui bahwa beberapa faktor berikut dapat menjadi penyebab gangguan pada persneling motor, menyebabkan kinerja motor tidak optimal dan mengganggu aktivitas. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut adalah penjelasannya.

BACA JUGA:Mirip Era Pager Zaman Dulu, Posisi Rabbit R1 dan perangkat 'AI-first' Masih Lama Menggantikan Smartphone

1. Rusaknya Plat Kopling

Jika Anda menemukan plat kopling yang sudah melengkung, sebaiknya segera menggantinya. Kondisi melengkung ini dapat menyebabkan kerenggangan antara kampas kopling dan kopling plat.

Akibatnya, kinerja persneling dapat menjadi tidak maksimal, menyebabkan perpindahan gigi secara tiba-tiba ketika kondisi gearbox masih dalam putaran.

2. Tuas Pemindah Persneling yang Mengalami Aus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber