Berbeda-Beda Tetapi Tetap Satu Jua, 6 Agama di Indonesia: Tempat Ibadah, Hari Raya dan Kitab Suci

Berbeda-Beda Tetapi Tetap Satu Jua, 6 Agama di Indonesia: Tempat Ibadah, Hari Raya dan Kitab Suci

6 Agama di Indonesia Tempat Ibadah, Hari Raya dan Kitab Suci --Foto : freepik.com@vektor makro

2. Kristen Protestan

Kekristenan diyakini berasal 2.000 tahun yang lalu. Kemunculan agama Kristen dipengaruhi oleh ajaran Calvinis dan Lutheran di Belanda pada abad ke 16. Di Indonesia sendiri, Protestan merupakan agama terbesar kedua dengan persentase 6,9% (sekitar 16,5 juta jiwa).

Protestan adalah agama kedua yang paling banyak dianut di Indonesia. Artinya, 6,9%. Umat ​​​​Kristen beribadah melalui gereja, suatu cara untuk membangun hubungan antara jemaat dan masyarakat luas serta antara manusia dan Tuhan. Alkitab Protestan adalah Alkitab, yaitu Alkitab. Umat ​​​​Kristen Protestan beribadah di gereja setiap minggu.

  • Tempat Ibadah :  Gereja
  • Hari Penting     :  Natal
  • Alkitab            :   Alkitab Kristen

BACA JUGA:Memahami Keindahan Hari Raya Deepavali: Pesona Tradisi dan Keanekaragaman Budaya

 

3. Katolik

Kedatangan bangsa Portugis di Indonesia dalam misi mencari rempah-rempah membawa masuknya agama Katolik di Maluku. Itulah sebabnya masyarakat Maluku menjadi umat Katolik pertama di Indonesia.

Agama Katolik menjadi agama pertama yang muncul di Maluku ketika Portugis tiba di Indonesia untuk mencari rempah-rempah.

Masyarakat Maluku juga merupakan umat Katolik pertama di Indonesia.Menurut Badan Pusat Statistik, diperkirakan 6,9 juta penduduk Indonesia, atau sekitar 2,9%, menganut agama Katolik. Seperti halnya agama Kristen, umat Katolik beribadah di gereja dengan membaca Alkitab atau Alkitab.

  • Tempat Ibadah  : Gereja
  • Hari Penting      : Natal
  • Alkitab              : Alkitab Katolik.

BACA JUGA:Dibalik Keindahan Lampion China, Ini Rahasia Tersirat

 

4. Hindu

Jaringan perdagangan yang menyebar dari Tiongkok ke India pada abad ke-4 merupakan awal masuknya agama Hindu ke India. Dengan terbentuknya kerajaan Kutai dan Tarumanegara, muncullah agama Hindu dan nilai-nilai Hindu.

Agama Hindu memiliki sejarah terpanjang dibandingkan agama populer lainnya di Indonesia. Agama ini menawarkan ajaran berupa pandangan umum tentang karma, dharma, dan etika sosial.Bali merupakan wilayah dengan populasi umat Hindu terbesar di Indonesia.

Umat ​​​​Hindu melakukan ibadahnya dengan berdoa dan membacakan doa di pura. Di Indonesia, sekitar 4 juta orang menganut agama Hindu atau 1,7%.

  • Tempat Ibadah : Pura
  • Hari Penting     : Hari Raya Galungan
  • Alkitab            : Weda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber