Bagaimana Cara Meningkatkan Usia Pakai Rantai Motor? Inilah 6 Tips Dalam Merawat Rantai Pada Sepeda Motor!

Bagaimana Cara Meningkatkan Usia Pakai Rantai Motor? Inilah 6 Tips Dalam Merawat Rantai Pada Sepeda Motor!

Bagaimana Cara Meningkatkan Usia Pakai Rantai Motor? Inilah 6 Tips Dalam Merawat Rantai Pada Sepeda Motor--Foto : Freepik.com/@peoplecreations

Oleh karena itu, pengendara perlu untuk selalu memastikan kondisi ketegangan rantai motor sudah sesuai dengan rekomendasi dari produsen sepeda motor.

BACA JUGA:Rantai Motor Kendor, Ini Lho waktu Yang Tepat Untuk Perbaikan Atau Penggantian

 

Bersihkan Rantai Secara Rutin

Membersihkan rantai motor secara rutin juga dapat meningkatkan usia pakai dari rantai motor. Hal ini dikarenakan rantai yang kotor akibat terkena kotoran, kerak, sisa oli, lumpur, ataupun karat tentu akan mengurangi performa dan meningkatkan keausan.

Rantai motor perlu untuk dibersihkan paling tidak sebulan sekali, jika sepeda motor sering digunakan untuk berkendara pada lingkungan yang berdebu atau lembab maka rantai motor perlu untuk lebih sering dibersihkan.

Selalu pastikan sepeda motor berada dalam kondisi mati pada saat membersihkannya. Selain itu, gunakan pembersih rantai yang direkomendasikan untuk sepeda motor.

Tuangkan cairan pembersih ke sikat gigi atau kain bersih, lalu menggosok rantai secara perlahan sambil memutar roda belakang hingga bersih secara merata.

BACA JUGA:Mengatasi Suara Kasar pada Motor Honda Tiger: Solusi Permasalahan Rantai Keteng

 

Hindari Membawa Beban Berlebih

Membawa beban yang melebihi kapasitas sepeda motor juga dapat mempercepat keausan terjadi pada rantai motor.

Jika pengendara membawa beban yang terlalu berat atau melebihi kapasitas maksimum dari sepeda motor akan menyebabkan rantai menerima tekanan yang berlebih.

Hal ini tentunya akan menyebabkan ketegangan rantai menjadi tidak seimbang dan mempercepat keausan rantai serta komponen lainnya.

BACA JUGA:Sepele Tapi Bahaya! Kebiasaan Pemasangan Rantai Motor Yang Kurang Pas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: suzuki.co.id