Mengatasi Suara Kasar pada Motor Honda Tiger: Solusi Permasalahan Rantai Keteng

Mengatasi Suara Kasar pada Motor Honda Tiger: Solusi Permasalahan Rantai Keteng

Mengatasi Suara Kasar pada Motor Honda Tiger--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Masalah umum yang sering terjadi pada sepeda motor Honda Tiger adalah suara berisik dari mesin, sering disebabkan oleh keteng atau tensioner yang kendur atau melemah.

Berbicara tentang suara kasar pada mesin motor, termasuk hal yang umum terjadi dan penyebabnya dapat bervariasi.

Setiap motor memiliki konstruksi dan karakter mesin yang berbeda, dan dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas masalah suara kasar pada motor Honda Tiger yang ber cc besar.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan motor Honda Tiger menghasilkan suara kasar mengelitik seperti mesin jahit, dan penyebab utamanya seringkali saja terletak pada rantai keteng Honda Tiger yang kendur, terutama yang bisa saja berasal dari blok mesin sebelah kiri.

BACA JUGA:Inovasi Baru: Upaya Pertama pada Pengurangan Timing Belt Dua Tahap untuk Pergelangan Tangan Lebih Kompak

Tanpa disadari bagi kita, rantai keteng dapat kendur akibat berbagai faktor, termasuk umur dan penggunaan yang tidak tepat.

Bahkan, kondisi mesin yang masih standar tidak dapat menjamin keawetan rantai keteng, apalagi jika mesin telah mengalami proses stroking up atau bore up, yang membuatnya lebih rentan kendur bahkan putus.

Namun, jika Anda menghadapi masalah ini, tidak perlu panik. Solusinya adalah dengan mengganti rantai keteng asli Honda Tiger dengan rantai keteng dari GL series atau CB K2.

Mengapa harus mengganti? Apakah rantai keteng Honda Tiger tidak cukup kuat? Apa keistimewaan dari rantai keteng GL series dan CB K2?

BACA JUGA:Alasan Klasik Harga Second Toyota Mahal! Ini Penyebab Mobil Toyota Masih Merajai Pasar Mobil Indonesia

 

Rantai Keteng Harus Diganti Sebagai Satu Set dengan Gigi Timing atau Gigi Rasio

Penting sekali untuk dicatat bahwa saat Anda mengganti rantai keteng pada motor, Anda harus menggantinya sebagai satu set dengan gigi timing atau gigi rasio. Hanya mengganti rantai keteng tanpa mengganti gigi timing atau gigi rasio tidak akan cukup efektif.

Ini karena lubang pada rantai keteng GL series tidak cocok dengan mata gigi rasio Honda Tiger, sehingga perlu diganti sebagai satu set.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bengkelpeno.com