Bagaimana Cara Meningkatkan Usia Pakai Rantai Motor? Inilah 6 Tips Dalam Merawat Rantai Pada Sepeda Motor!

Bagaimana Cara Meningkatkan Usia Pakai Rantai Motor? Inilah 6 Tips Dalam Merawat Rantai Pada Sepeda Motor!

Bagaimana Cara Meningkatkan Usia Pakai Rantai Motor? Inilah 6 Tips Dalam Merawat Rantai Pada Sepeda Motor--Foto : Freepik.com/@peoplecreations


Akselerasi dan pengereman yang dilakukan secara mendadak tentunya akan memberikan tekanan yang berlebih pada rantai motor--Foto : freepik.com/azerbaijan-stockers

Oleh karena itu, pengendara perlu untuk selalu memastikan mengikuti batasan beban yang direkomendasikan oleh produsen sepeda motor.

 

Hindari Melakukan Akselerasi dan Pengereman Mendadak

Akselerasi dan pengereman yang dilakukan secara mendadak tentunya akan memberikan tekanan yang berlebih pada rantai motor.

Karena pada saat melakukan akselerasi secara mendadak, gaya tarikan yang kuat dapat menyebabkan rantai meloncat atau terlepas dari gir roda gigi.

Begitu juga pada saat melakukan pengereman secara mendadak, tekanan yang besar pada rantai motor dapat menyebabkan rantai menjadi cepat aus.

Oleh karena itu, pengendara sebaiknya melakukan akselerasi dan pengereman dengan halus dan secara perlahan.

BACA JUGA:Rantai Motor : Penyebab Karat dan Mudah Putus serta Cara Mengatasinya

 

Lakukan Pergantian Gigi dengan Halus

Selain akselerasi dan rem yang mendadak, proses pergantian gigi yang kasar dan tidak halus juga mampu menyebabkan terjadinya lonjakan tekanan.

Pada saat proses pergantian gigi dilakukan dengan kasar, rantai motor akan menerima beban yang berlebih dan membuatnya menjadi cepat aus.

Hal ini tentunya perlu dihindari dengan memperhatikan teknik pergantian gigi yang tepat, selalu gunakan gigi atau kopling dengan lembut dan pastikan pergantian dilakukan secara halus

BACA JUGA:Ciri-Ciri Dan Dampak Kerusakan V Belt Pada Mobil Transmisi Matic Nomor 2 Mudah Dikenali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: suzuki.co.id