Bagaimana Cara Meningkatkan Usia Pakai Rantai Motor? Inilah 6 Tips Dalam Merawat Rantai Pada Sepeda Motor!

Bagaimana Cara Meningkatkan Usia Pakai Rantai Motor? Inilah 6 Tips Dalam Merawat Rantai Pada Sepeda Motor!

Bagaimana Cara Meningkatkan Usia Pakai Rantai Motor? Inilah 6 Tips Dalam Merawat Rantai Pada Sepeda Motor--Foto : Freepik.com/@peoplecreations

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Rantai motor merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang mempunyai fungsi untuk mentransmisikan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Rantai motor termasuk salah satu komponen yang sangat penting bagi sebuah sepeda motor, tanpa adanya rantai pada motor maka sepeda motor tidak akan bisa digunakan.

Usia rantai motor ini dapat berkurang seiring waktu pemakaian, kondisi rantai yang tidak terawat, maupun gaya berkendara yang kurang baik.

Jika kondisi rantai tidak terawat terus dibiarkan maka akan menyebabkan kinerja sepeda motor menjadi menurun, menimbulkan suara yang tidak wajar, dan menimbulkan risiko terjadinya rantai putus pada saat berkendara.

BACA JUGA:Menakjubkan!! Kembalinya Yamaha RX King 155 di 2024 dengan Mesin 155cc yang Lebih Garang

Oleh karena itu, menjaga kondisi rantai sangat penting untuk menjaga performa dari sepeda motor. Cara utama yang dapat dilakukan dalam meningkatkan usia pakai rantai motor yaitu dengan teteap menjaga kondisinya agar selalu bersih dan optimal.

Berikut ini beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan oleh pengendara dalam upaya untuk meningkatkan usia pakai rantai motor pada sebuah sepeda motor.

Sesuaikan Ketegangan Rantai

Ketegangan rantai yang tidak tepat tentunya mempunyai dampak yang negatif terhadap performa sepeda motor maupun usia pakai rantai itu sendiri.

BACA JUGA:Ini Penyebab Rantai Belt Motor Matic Putus dan Cara Menggantinya


Ketegangan rantai yang tidak tepat tentunya mempunyai dampak yang negatif--Foto : Freepik.com/@standret

 

Apabila rantai motor dipasang dengan terlalu kendur, maka akan menyebabkan risiko rantai terlepas dari gir roda gigi menjadi meningkat

Akan tetapi jika rantainya terlalu tegang, maka tekanan berlebih yang diterima oleh rantai motor akan membuat rantai menjadi cepat aus dan dapat merusak komponen lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: suzuki.co.id