Tahukah Kalian, Inilah 14 Varian dari Corona Virus

Tahukah Kalian, Inilah 14 Varian dari Corona Virus

14 Varian dari Corona Virus --Foto : unsplash.com/@Mufid Majnun

BACA JUGA:Menggali Kekayaan Nutrisi Tanaman Krokot Dari Lingkungan Sekitar Untuk Kesehatan

 

10. Varian Iota

Virus corona jenis IOTA pertama kali terdeteksi di New York, Amerika Serikat, pada November 2020. Saat ini, belum diketahui apakah  kode B.1.526  memiliki perbedaan yang lebih besar dalam hal penularan dan penyakit parah dibandingkan jenis lainnya.

 

11. Varian Mu

Virus corona tipe Mu pertama kali terdeteksi di Kolombia pada Januari 2021, dan sejak itu disebut  B.1.621. Saat ini WHO telah mengklasifikasikan spesies Mu sebagai VOI. Karena varian ini tidak diketahui, maka varian ini mungkin sama mengkhawatirkannya dengan varian Alpha dan Delta. Gejala umum  COVID-19 tipe Mu mirip dengan tipe lainnya, antara lain demam, batuk, serta kehilangan rasa dan  penciuman. 

BACA JUGA:Posisi Tidur terbaik dan Terburuk Untuk Kesehatan Kulit.

 

12. Varian Kappa

Seperti halnya tipe Delta, virus corona jenis Kappa  pertama kali terdeteksi di India pada Desember 2020. Varian dengan kode B.1.617.1 ini masih tergolong VOI, begitu pula Lambda, Eta, dan Iota. Sebab, belum ada data yang memastikan luas penyebaran, tingkat penyakit, dan jenis gejala  COVID-19 jenis kappa.

 

13. Varian Omicron

Varian Omicron pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada 24 November 2021. Virus corona dengan kode B.1.1.529 ini tergolong VOC karena memiliki sifat yang perlu diwaspadai seperti delta, gamma, beta, dan alpha. jenis Varian Omicron yang diketahui mengandung sekitar 30 kombinasi mutasi  virus corona sebelumnya seperti C.12, Beta, dan Delta. Oleh karena itu, tipe Omicron  lebih mudah menular dibandingkan tipe Delta dan menyebabkan infeksi ulang atau infeksi berulang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber