Takut Ketika Tanjakan dalam Mengendarai Mobil, Fitur Hill Start Assist Antisipasinya

Takut Ketika Tanjakan dalam Mengendarai Mobil, Fitur Hill Start Assist Antisipasinya

Takut Ketika Tanjakan dalam Mengendarai Mobil, Fitur Hill Start Assist Antisipasinya--Foto : Instagram.com@mitsubishitejagrup

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Perusahaan mobil terus berinovasi untuk menyediakan kendaraan yang memenuhi kebutuhan konsumen.

Banyak fitur telah berevolusi dari standar masa lalu ke standar saat ini. Salah satu fitur yang dimiliki hampir semua mobil baru adalah Hill Start Assist (HSA). 

Fenomena ini biasa terjadi pada mobil bertransmisi otomatis, namun tidak hanya terjadi pada mobil mewah. Jenis Kendaraan dengan fitur Hill Start Assist (HSA) ini antara lain Mitsubishi Xpander, Toyota Yaris, Toyota Voxy, Toyota Veloz, Honda HR-V, Honda BR-V, Hyundai Creta dan Toyota Avanza..

Setelah Anda terbiasa dengan fungsi Hill Start Assist, mobil akan menjadi anti-roll di tanjakan. Salah satu fitur yang semakin populer adalah Hill Start Assist, yang juga dikenal sebagai Hill Hold Control. Fitur ini didesain untuk kenyamanan dan keamanan di lereng curam.

BACA JUGA:Mini Cooper EV, Generasi Keempat BMW Mini Siap Melintasi Jalanan

Dalam perkembangan teknologi otomotif, teknologi bantuan start sudah di depan mata, dan produsen mobil semakin memperhatikannya. Fitur ini semakin banyak ditemukan pada mobil-mobil modern, baik manual maupun matic.

Fitur ini membuat pengemudi lebih percaya diri dan nyaman di tanjakan terjal. Dalam artikel ini, kita mempelajari lebih lanjut tentang Hill Start Assist dan bagaimana fitur ini menjadikan mobil "anti-rollback" di lereng.


Mengenal Fitur Hill Start Assist – --Foto : Instagram/@arianmotor

 

Mengenal Fitur Hill Start Assist

Hill Start Assist merupakan fungsi pengereman baru yang dapat membantu pengemudi saat mengemudikan kendaraan menanjak maupun menurun. Fitur ini menahan kendaraan selama lima detik saat menanjak atau menuruni bukit, sehingga memberi waktu bagi pengemudi untuk menggerakkan kaki dari pedal rem ke pedal akselerator.

BACA JUGA:Apa Itu Augmented Reality dan Ada Berapa Jenis AR? Inilah 7 Jenis Dari Teknologi Augmented Reality!

Fungsi ini secara otomatis mendeteksi kendaraan saat berkendara di jalan yang sangat curam. Jika kendaraan tidak mampu menanjak atau roda tiba-tiba berputar mundur, fungsi Hill Start Assist akan aktif sehingga memberikan waktu bagi pengemudi untuk menekan pedal akselerator.Sekarang ketika Anda menginjak pedal gas lagi, kerusakan pada pedal akselerator akan otomatis dilepaskan.

Fungsi lain dari fitur ini adalah untuk melindungi mesin dari keausan yang disebabkan oleh bagian-bagian mesin seperti rem tangan dan kopling pada mobil bertransmisi manual. Selain itu, Hill Start Assist dapat mengurangi ketegangan pada mesin kendaraan Anda karena tidak berusaha menghentikan kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber