Apa Itu Augmented Reality dan Ada Berapa Jenis AR? Inilah 7 Jenis Dari Teknologi Augmented Reality!

Apa Itu Augmented Reality dan Ada Berapa Jenis AR? Inilah 7 Jenis Dari Teknologi Augmented Reality!

Apa Itu Augmented Reality dan Ada Berapa Jenis AR? Inilah 7 Jenis Dari Teknologi Augmented Reality!-freepik-freepik

PALEMBANG, PLATV.CO.ID- Augmented Reality atau AR merupakan penggabungan informasi digital atau virtual dengan lingkungan fisik atau nyata, sehingga menciptakan pengalaman yang lebih interaktif bagi pengguna.

Augmented Reality ini merupakan sebuah teknologi yang diciptakan untuk memungkinkan para penggunanya agar dapat melihat dunia nyata dengan informasi tambahan yang ditambahkan secara digital. 

Informasi tambahan tersebut dapat berupa teks, grafik, video, atau suara yang ditampilkan pada layar perangkat seperti smartphone atau dengan menggunakan kacamata AR.

Penggunaan Augmented Reality saat ini semakin sering dilakukan pada kehidupan sehari-hari. Teknologi ini bahkan telah hadir pada berbagai aspek mulai dari olahraga, hiburan, pendidikan, dan aktivitas harian yang mungkin dilakukan.

BACA JUGA:Menciptakan Kenangan Abadi dengan Kado Istimewa untuk Pasangan di Hari Anniversary

Contoh dari penerapan AR yang sederhana misalnya pada sebuah aplikasi yang dapat menampilkan informasi mengenai sebuah bangunan, dimana informasi tersebut akan muncul pada saat pengguna mengarahkan kamera smartphone pada bangunan tersebut. 

Selanjutnya aplikasi tersebut akan menambahkan informasi mengenai nama bangunan, tahun pembangunan, fungsi bangunan, dan lainnya ke dalam layar smartphone pengguna.

Terdapat beberapa jenis teknologi Augmented Reality (AR) berdasarkan cara penggunaannya, perangkat yang digunakan, dan lingkup penggunaannya.

Berikut ini merupakan beberapa jenis teknologi Augmented Reality yang ada pada saat ini dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan.


Apa Itu Augmented Reality dan Ada Berapa Jenis AR? Inilah 7 Jenis Dari Teknologi Augmented Reality!-freepik-freepik

Marker Based Augmented Reality

Marker Based Augmented Reality merupakan jenis AR yang bekerja dengan cara menghitung posisi dan orientasi marker menggunakan tanda visual sebagai referensi dalam menampilkan elemen virtual.

Marker tersebut dapat berupa gambar, kode QR, maupun objek fisik tertentu. Pada saat perangkat AR mengenali marker tersebut, elemen virtual yang sesuai akan ditambahkan dan tampil ke dalam lingkungan fisik.

Markerless Augmented Reality (Markerless Tracking)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber