Mau Beli Mobil Listrik? Inilah 8 Rumor Mobil Listrik Beserta Fakta-Faktanya Yang Wajib Diketahui

Mau Beli Mobil Listrik? Inilah 8 Rumor  Mobil Listrik Beserta Fakta-Faktanya Yang Wajib  Diketahui

Mau Beli Mobil Listrik? Inilah 8 Rumor Mobil Listrik Beserta Fakta-Faktanya Yang Wajib Diketahui--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Banyak yang meragukan klaim tentang keberlanjutan mobil listrik, mengingat sebagian besar pembangkit tenaga listrik masih menggunakan energi fosil yang dapat mencemari lingkungan.

Selain keraguan terhadap keberlanjutan, juga muncul pertanyaan tentang kemampuan mobil listrik dalam perjalanan jauh, konsumsi energi, kualitas baterai, dan performa mesinnya. Beberapa klaim ini bahkan telah menjadi rumor di masyarakat. Namun, bagaimanakah fakta- fakta sebenarnya seputar mobil listrik? Simak ulasan berikut ini.

1. Jarak Tempuh Mobil Listrik yang Tidak Memadai?

Salah satu mitos yang sering terdengar tentang mobil listrik adalah bahwa jarak tempuhnya terbatas. Padahal, fakta menunjukkan bahwa jarak tempuh mobil listrik terus meningkat seiring dengan kemajuan teknologi baterai.

BACA JUGA:Samsung Unjuk Gigi Teknologi, Pamerkan Layar Lipat Bolak Balik

Saat ini, rata-rata jarak tempuh mobil listrik mencapai 300 kilometer dalam sekali pengisian daya, cukup untuk memenuhi kebutuhan mobilitas sehari-hari.

Contohnya adalah Air ev, mobil listrik buatan Indonesia, yang memiliki jarak tempuh 200-300 kilometer dalam sekali pengisian daya berkat teknologi baterai Lithium Iron Phosphate (LFP). Hal ini sudah memadai untuk kebutuhan seperti bekerja, bepergian, atau mengantar anak ke sekolah.


Mau Beli Mobil Listrik? Inilah 8 Rumor Mobil Listrik Beserta Fakta-Faktanya Yang Wajib Diketahui--free pik.com

2. Ketersediaan Tempat Pengisian Daya

Jaringan tempat pengisian daya mobil listrik kini semakin berkembang di Indonesia. Saat ini, sudah ada lebih dari 600 stasiun pengisian daya mobil listrik yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini membuat pengisian daya mobil listrik menjadi lebih mudah dan terjangkau.

BACA JUGA:Era Baru Honda, Logo Inovatif untuk Mobil Listrik dan Komitmen Terdepan pada Netralitas Karbon

Pemerintah dan PLN menargetkan pembangunan 572 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada tahun 2021.

Hingga saat artikel ini ditulis, sudah terpasang 616 unit SPKLU di 300 lokasi di seluruh Indonesia. Program ini diharapkan berlanjut hingga 2030 dengan total pembangunan 24.720 unit SPKLU di berbagai wilayah.

PLN telah mendukung penggunaan kendaraan listrik dengan mendirikan lebih dari 600 SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber