Samsung Unjuk Gigi Teknologi, Pamerkan Layar Lipat Bolak Balik

Samsung Unjuk Gigi Teknologi, Pamerkan Layar Lipat Bolak Balik

Samsung Unjuk Gigi Teknologi, Pamerkan Layar Lipat Bolak Balik--cnet.com / Lisa Eadicicco

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pabrikan Korea Samsung memamerkan teknologi layar terbaru ponsel di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2024. teknologi tersebut yaitu smartphone dengan konsep layar bolak-balik seperti buku atau Flex In & Out Flip.

Ponsel ini menarik perhatian karena kemampuan layarnya yang bisa dilipat dua arah hingga 360 derajat.

Berbeda dengan Galaxy Z Flip 5 dan ponsel lipat lainnya yang ada di pasaran, Flex In & Out Flip dapat ditekuk ke belakang sepenuhnya. Sehingga layar 6,7 inci-nya masih bisa dioperasikan meski dalam keadaan tertutup.

Saat dilakukan demo, Flex In & Out Flip dapat ditekuk ke belakang, nampak salah satu sisi layar lebih pendek dari sisi lainnya agar tidak menutupi kamera. Sisi yang lebih besar juga menampilkan beberapa ikon seperti menu pengaturan cepat ponsel, level baterai, jam dan kontrol pemutaran media.

BACA JUGA:Era Baru Honda, Logo Inovatif untuk Mobil Listrik dan Komitmen Terdepan pada Netralitas Karbon

Meski begitu, saat ini Flex In & Out Flip masih berupa konsep, jadi belum ada indikasi bahwa teknologi tersebut akan muncul di produk sebenarnya. Ini adalah pertama kalinya Samsung menampilkan ponsel flip dengan kemampuan tersebut secara terbuka ke publik.


Samsung Unjuk Gigi Teknologi, Pamerkan Layar Lipat Bolak Balik--cnet.com / Lisa Eadicicco

Samsung juga memikirkan durabilitas dari smartphone konsep dengan layar lipat bolak balik ini.

Pihak Samsung menyebut telah menguji durabilitas Flex In & Out Flip dengan cara dilipat pada suhu ekstrem yakni dari -20 hingga 60 derajat Celsius dan bahkan panelnya ditimpa bola basket.

Setelah dilakukan pengujian oleh review, nampaknya keuntungan utama dari layar lipat bolak balik adalah adanya satu layar yang dapat digunakan secara konsisten, baik perangkat dibuka maupun ditutup.

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Keutamaan Sikap Tawakal Kepada Allah SWT yang Patut Diamalkan

Sebagai contoh Galaxy Z Flip 5 dengan layar eksternal yang cukup besar, sehingga meningkatkan kegunaannya dalam penggunaan aplikasi dan membaca notifikasi bila dibandingkan dengan Galaxy Z Flip 4 dan model sebelumnya.

Karena Flex In & Out Flip hanyalah sebuah konsep dan bukan perangkat yang sudah jadi, tamu yang diundang dalam pameran belum bisa mengetahui apakah penggunaan layar yang sama di bagian dalam dan luar dapat memberikan pengalaman yang lebih konsisten.

Perangkat masa depan lainnya dari Layar Samsung di CES 2024 yakni ‘Rollable Flex’, ponsel yang layarnya bisa membesar ukurannya hingga lima kali lipat dari aslinya saat dibuka gulungannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber