Sate buntel merupakan sate dengan olahan daging kambing, namun yang membedakan adalah bentuknya.

Sate buntel merupakan sate dengan olahan daging kambing, namun yang membedakan adalah bentuknya.

Kota solo banyak menyimpan beragam kuliner salah satunya sate buntel --Foto: Instagram @Carikulinersolo dan @Kuliner_asiksolo

OKU, PALTV.CO.ID - Kota Solo Surakarta Jawa Tengah memang menyimpan beragam kuliner. Yang paling terkenal yakni kuliner dengan olahan daging kambing.

Salah satu kuliner yang unik dan tak biasa dari kota kelahiran presiden Joko Widodo ini adakah sate buntel. Sate buntel merupakan sate dengan olahan daging kambing, namun yang membedakan adalah bentuknya. 

Jika sate kambing pada umumnya berbentuk daging yang diiris dadu dan ditusuk lalu dipanggang, berbeda dengan sate buntel yang bentuknya mirip dengan sate lilit asal Bali.

Sate buntel berupa daging kambing yang di cincang halus dengan tambahan bumbu seperti merica, bawang, garam dan penyedap kemudian cincangan daging kambing tersebut di kepalkan ditusuk sate yang agak besar. 

BACA JUGA:Cara Praktis Membuat Es Kacang Merah Lezat dan Empuk, Cobai Dirumah Pasti Beda Rasanya!

Yang uniknya setelah di kepalkan di tusuk sate daging kambing tersebut dibalut dengan lemak daging kambing kemudian dibakar. Saat dibakar lemak daging kambing akan meleleh dan menambah kelezatan sate buntel. 

Sate buntel biasanya disajikan dengan saos kecap manis dengan tambahan irisan Cabe rawit, bawang merah, tomat dan ditaburi merica bubuk serta irisan kol. Saat dimakan sate buntel terasa Krenyes dan terasa lembut karena daging sudah dicincang.

Dikatakan sate buntel karena proses membuatnya dibuntel atau dalam bahasa Jawa "buntel" berarti dibalut. Hal ini sesuai dengan cara membuat sate buntel yang dibalut dengan lemak daging kambing. 

Sate buntel ini sendiri baru ada sekitar tahun 1948 lalu, dimana awalnya sate buntel diciptakan oleh seorang pedagang sate disalah satu kedai di kota pada tahun itu. Hingga saat ini sate buntel menjadi terkenal dan menjadi salah satu menu di warung-warung sate. 

BACA JUGA:Begini Reaksi Konten Kreator Kuliner Korea, Menikmati Pempek Harga Seribuan di Pasar 16 Ilir Palembang 


Sate buntel karena proses membuatnya dibuntel--Foto: Instagram @Carikulinersolo dan @Kuliner_asiksolo

 

Jika anda tertarik untuk membuatnya, berikut cara membuat sate buntel: 

Bahan sate: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber