Perhatikan Ini Jika Ingin Ganti Ban Mobil Dengan Ukuran Lebih Besar

Perhatikan Ini Jika Ingin Ganti Ban Mobil Dengan  Ukuran Lebih Besar

Perhatikan Ini Jika Ingin Ganti Ban Mobil Dengan Ukuran Lebih Besar--youtube.com/@DavidSeptian

BACA JUGA:Yamaha MT-25 Naked Bike 250 CC yang Bertenaga, Tapi Bukan Cuma Itu!

Dengan memahami kode-kode ini, Sahabat dapat lebih mudah menentukan jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan mobil kesayangan.

Perhatikan Ukuran Ban Mobil

Perhatikanlah ukuran ban mobil melalui serangkaian angka yang terukir di samping ban, yang membentuk kode ukuran ban.

Sebagai contoh, dalam kode P 215/55 R17 93V, angka 215 mengindikasikan lebar telapak ban dalam satuan milimeter, yang memengaruhi peningkatan performa dan kecepatan.

BACA JUGA:Inilah 5 Pekerjaan yang Memastikan Kamu Selamat Sampai Tujuan dengan Kereta Api

Selanjutnya, angka 55 menunjukkan rasio ketebalan ban terhadap lebar telapak, diukur dalam persentase. Ini berarti ketebalan ban adalah 55% dari lebar telapak sebesar 215 milimeter.

Dengan ketebalan yang semakin besar, keseimbangan ban juga lebih terjaga. Sementara huruf R menandakan kriteria ban radial, dan angka 17 menunjukkan diameter pelek dalam satuan inci.

Selanjutnya, 93V mencerminkan kapasitas maksimum beban dan batas kecepatan yang aman untuk dioperasikan. Angka 93 menunjukkan indeks kemampuan daya pikul (load index) untuk setiap ban.

Kemudian, huruf V melambangkan kecepatan maksimal sebesar 240 km/jam.

BACA JUGA: David Tennant Siap Bawakan BAFTA Awards, Doctor Who Kembali ke Layar Lebar?

Pastikan Tahun Pembuatan Ban Mobil

Tahun produksi juga menjadi faktor penting dalam pemilihan ban mobil yang optimal karena ban memiliki batas waktu penggunaan.

Jika Sahabat memilih untuk membeli ban bekas, disarankan untuk tidak memilih ban yang masa kadaluarsanya sudah mendekati.

Ini disebabkan oleh kenyataan bahwa ban, yang terbuat dari karet, cenderung memiliki kualitas yang lebih baik jika diproduksi dalam tahun-tahun terbaru dibandingkan dengan ban yang diproduksi dalam waktu yang lama, meskipun belum digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber