Inilah 5 Pekerjaan yang Memastikan Kamu Selamat Sampai Tujuan dengan Kereta Api

Inilah 5 Pekerjaan yang Memastikan Kamu Selamat Sampai Tujuan dengan Kereta Api

Inilah 5 Pekerjaan yang Memastikan Kamu Selamat Sampai Tujuan dengan Kereta Api--Sumber fhoto : keretaapikita

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kereta Api merupakan salah satu transportasi darat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat umum baik itu untuk perjalanan dekat, lintas daerah, bahkan lintas kota.

Tak hanya membawa penumpang di daerah Pulau Jawa, tetapi kereta api juga ada yang khusus membawa batu bara di Pulau Sumatera. 

Bagi orang yang gemar dengan transportasi dan perjalanan, bekerja di sektor Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan suatu hal yang sangat membanggakan dan banyak diinginkan oleh banyak orang karena selain menarik, Kereta Api Indonesia merupakan pekerjaan BUMN.

Kebanyakan orang mengira bahwa pekerjaan dibidang kereta api adalah masinis atau kondektur, tetapi tahu kah kamu bahwa selain itu banyak sekali jenis pekerjaan operasional dibalik lancarnya perjalanan kereta api.

BACA JUGA: David Tennant Siap Bawakan BAFTA Awards, Doctor Who Kembali ke Layar Lebar?

Inilah 5 jenis pekerjaan yang ada di Kereta Api Indonesia (KAI) yang banyak orang tidak ketahui.

1. Masinis

Masinis adalah seorang pemimpin selama dalam perjalanan kereta api. Tak hanya mengoperasikan kereta api, tetapi masinis juga bertugas untuk langsiran.

Kata masinis berasal dari Belanda yaitu manchinist yang artinya juru mesin. Selain masinis, ada juga yang disebut dengan asisten masinis yaitu orgawai yang tugas nya membantu masinis saat mengoperasikan kereta api dan juga langsiran.

2. Pengatur Perjalanan Kereta Api (KAI)

Pengatur Perjalanan Kereta Api atau singkatnya sering disebut PPKA merupakan sebuah pekerjaan yang sangat mebutuhkan kedisiplinan tinggi dan keahlian khusus.


Inilah 5 Pekerjaan yang Memastikan Kamu Selamat Sampai Tujuan dengan Kereta Api--Sumber fhoto : keretaapikita

Tugas seorang PPKA adalah bertanggung jawab untuk mengatur dan melakukan segala tindakan dan kegiatan yang betujuan untuk mengatur dan melalukan segala tindakan untuk menjamin kenyamanan, keselamatan, dan ketertiban dalam segala hal yang berkaitan dengan semua urusan perjalanan kereta api.

Pada intinya, pekerjaan ini bertugas untuk mengatur semua kereta api agar perjalanannya lancar, tidak bertarakan kereta satu sama lain, dan menghindari kecelakaan yang tidak dionginkan saat perjalanan mereta api berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber