Perhatikan Ini Jika Ingin Ganti Ban Mobil Dengan Ukuran Lebih Besar

Perhatikan Ini Jika Ingin Ganti Ban Mobil Dengan  Ukuran Lebih Besar

Perhatikan Ini Jika Ingin Ganti Ban Mobil Dengan Ukuran Lebih Besar--youtube.com/@DavidSeptian

BACA JUGA:Buntut Tongkang Batu Bara Seruduk Dermaga 7 Ulu, Massa Geruduk Kantor Walikota Palembang

Di pasaran, terdapat banyak jenis ban mobil, namun, penting bagi Sahabat untuk memilihnya dengan mempertimbangkan kelebihan dan kondisi medan yang akan dihadapi.

Salah satu contohnya adalah ban tubeless yang dilengkapi dengan cairan anti-bocor saat dipasang pertama kali.

Kelebihannya meliputi ketahanan udara yang lebih baik, sehingga ban cenderung tidak mudah kempes meskipun tanpa menggunakan ban dalam.

Ban bias merupakan jenis ban yang terbuat dari lembaran cord yang ditenun dalam pola zig-zag dengan sudut sekitar 40 hingga 65 derajat terhadap keliling lingkaran ban.

BACA JUGA:Jepang yang Unik dan Populer di Dunia! Mengulik Budaya Negeri Sakura

Di sisi lain, ban radial adalah jenis ban yang terbuat dari lapisan serat dengan arah menyilang pada bagian lingkar ban. Kedua jenis ban ini sesuai digunakan pada kendaraan yang membawa penumpang maupun pada truk bermuatan ringan.

Ban RFT (Run Flat Tyre) adalah jenis ban yang dapat tetap berjalan dengan aman pada kecepatan tertentu, bahkan jika mengalami kebocoran udara atau kempes. Ban ini diklaim dapat melaju dalam keadaan tekanan nol hingga kecepatan 80 km/jam.

Sementara itu, All Terrain merupakan jenis ban yang dirancang khusus untuk memberikan daya tahan saat melintasi medan yang penuh dengan kerikil, tanah, atau bahkan air. Ban ini sangat cocok digunakan pada mobil jenis offroad.

Sesuai Kebutuhan dan Tipe Kendaraan

BACA JUGA:Manfaat Penting Airbag dalam Keselamatan Berkendara, Ini Mitos yang harus dibuang!

Sahabat dapat menentukan jenis ban yang paling tepat untuk mobil kesayangan dengan merujuk pada simbol ban mobil yang terdapat dalam buku petunjuk penggunaan.

Informasi mengenai tipe ban umumnya tercantum dalam buku tersebut, dan masing-masing tipe ban memiliki kombinasi kode yang menunjukkan penggunaannya.

Sebagai contoh, kode pada ban mobil seperti P 215/55 R17 93V, di mana 'P' menunjukkan Passenger, yang berarti ban tersebut dirancang untuk mengangkut orang atau penumpang.

Selain itu, terdapat kode 'R' yang menandakan jenis radial, 'LT' untuk Light Truck yang ditujukan untuk membawa barang muatan, 'ST' untuk Spesial Trailer, dan juga kode 'T' alias Temporary yang menunjukkan bahwa ban tersebut merupakan ban cadangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber