Perhatikan Ini Jika Ingin Ganti Ban Mobil Dengan Ukuran Lebih Besar

Perhatikan Ini Jika Ingin Ganti Ban Mobil Dengan  Ukuran Lebih Besar

Perhatikan Ini Jika Ingin Ganti Ban Mobil Dengan Ukuran Lebih Besar--youtube.com/@DavidSeptian

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Pemilik mobil seringkali tidak puas dengan ban standar pabrik mereka, sehingga mereka memilih untuk menggantinya dengan ban yang memiliki pola dan ukuran yang berbeda, atau bahkan hanya untuk menambah gaya saat mengemudi.

Langkah awal untuk memastikan keselamatan berkendara adalah memilih ban yang tepat. Penting untuk memilih pattern yang sesuai dengan kebutuhan.

Terkadang, pemilik mobil yang baru membeli kendaraan merasa tidak puas dengan pattern ban bawaan. Sehingga mereka memutuskan untuk menggantinya tanpa pertimbangan yang matang terkait kondisi penggunaannya.

Setelah memilih pattern yang sesuai, selanjutnya adalah menentukan ukuran ban yang paling cocok. Pemilihan ukuran ban bukan hanya aksesoris atau variasi otomotif, namun harus diperhatikan efek yang timbul dari perubahan ukuran ban yang terpasang pada mobil.

BACA JUGA:Bahaya Baterai Mobil Listrik Saat Dalam Keadaan 0%, Ahli Kelistrikan ITB Ingatkan Pentingnya Menjaga Daya

Pemilik mobil yang ingin mengganti ban standar dengan ban berukuran lebih besar harus menyadari adanya konsekuensi. Misalnya perngaruh kepada kecepatan kendaraan  dan penampilan body mobil.

Semakin besar ukuran ban, tidak selalu berarti semakin baik, karena terdapat nilai negatif yang perlu diperhatikan.

Sebagai contoh, jika mobil standar menggunakan ban berukuran 14 inci dengan spesifikasi 185/70 R14, menggantinya dengan ban berukuran 17 inci dan spesifikasi 205/45 R17 mungkin dapat dilakukan, namun perlu diingat bahwa hal ini akan membawa konsekuensi tertentu.

Penggantian ban dengan ukuran yang lebih besar tidak hanya membawa konsekuensi dalam hal biaya yang pasti lebih mahal, tetapi juga menimbulkan dampak lain.

BACA JUGA:Tegas! Alaska Airlines Menangguhkan Penggunaan Boeing 737 Max-9 Setelah Jendela Copot di Udara

Diameter ban yang lebih besar dapat meningkatkan tingkat kebisingan selama perjalanan. Selain itu, rolling resistance atau hambatan gulir juga cenderung meningkat, yang berarti pemakaian bahan bakar akan menjadi lebih boros.

Oleh karena itu, selain mempertimbangkan aspek estetika atau performa, penting untuk memahami konsekuensi terkait tingkat kebisingan dan efisiensi bahan bakar sebelum memutuskan untuk mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar.

Ban mobil harus dipilih sesuai dengan kondisi medan dan kebutuhan penggunaannya. Oleh karena itu, penting untuk tidak meremehkan proses pemilihan ban yang tepat. Ikutilah beberapa tips untuk memilih ban yang cocok untuk mobil kesayangan Anda di sini.

Pilih Ban Mobil yang Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber