5 Fakta Mengejutkan Penyebab Kekurangan Gizi di Ghana

5 Fakta Mengejutkan Penyebab Kekurangan Gizi di Ghana

5 fakta mengejutkan penyebab kekurangan gizi di Ghana.-Emmanuel Ikwuegbu-unsplash.com/@emmages

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Malnutrisi bisa disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk, ketidakmampuan tubuh  menyerap nutrisi dengan baik dari makanan yang dikonsumsi, atau bisa juga akibat kondisi medis yang menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Dari pada itu kita memperkenalkan bahwa banyak sekali negara yang terkena dampak dari malnutrisi. Kemiskinan merupakan penyebab utama kelaparan dan kekurangan gizi di Ghana

Meskipun terjadi urbanisasi yang pesat, kegagalan sistem pangan  di daerah pedesaan telah menyebabkan meluasnya kemiskinan dan kekurangan gizi. 

Para petani menderita akibat perubahan iklim, harga yang rendah, infrastruktur jalan yang buruk, kurangnya akses terhadap keuangan, kurangnya pasar, penyakit pasca panen, kurangnya pendidikan, sistem pertanian yang tidak berkelanjutan dan ketidaksetaraan gender.

BACA JUGA:5 Penyebab Malnutrisi yang Bisa Dialami Siapa Saja

Berikut aspek terjadinya malnutrisi di negara Ghana dan cara menanggulanginnya.

1. Mata pencarian sebagai Petani

Pertanian adalah tulang punggung seluruh perekonomian Ghana. Sekitar 45% penduduknya menggantungkan mata pencahariannya pada sektor pertanian. 

Di Ghana bagian utara, 90% keluarga bergantung pada pertanian dan rendahnya produksi pangan menyebabkan kemiskinan kronis, kerawanan pangan, dan malnutrisi. Perbedaan pangan menyebabkan perbedaan harga antar negara, yang selanjutnya mempengaruhi harga.

BACA JUGA:7 Faktor Risiko Terkena Masalah Kesehatan Mental pada Remaja

5 Fakta Mengejutkan Penyebab Kekurangan Gizi di Ghana--unsplash.com/@saikirankesari

Karena Ghana adalah negara rawan pangan, keluarga-keluarga juga rentan terhadap kenaikan harga internasional untuk pangan impor seperti beras.

2. Kekurangan Gizi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber