7 Faktor Risiko Terkena Masalah Kesehatan Mental pada Remaja

7 Faktor Risiko Terkena Masalah Kesehatan Mental pada Remaja

7 Faktor Risiko Terkena Masalah Kesehatan Mental pada Remaja--freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kesehatan mental dipengaruhi oleh faktor kehidupan yang mempengaruhi suasana hati dan perilaku seseorang.

Peristiwa ini mungkin termasuk kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan anak, atau stres kronis. Apabila kesehatan jiwa terganggu maka dapat berujung pada penyakit jiwa atau penyakit jiwa.

Masalah psikologis dapat mengubah cara seseorang  menangani stres, hubungan dengan orang lain,  pilihan, dan berujung pada keinginan untuk menyakiti diri sendiri.

Kesehatan mental merupakan kemampuan seseorang untuk menyadari potensi dirinya, memiliki kekuatan untuk mengatasi tekanan kehidupan normal dalam berbagai situasi  kehidupan, untuk bekerja secara efektif dan efisien, serta  memberikan kontribusi kepada komunitasnya.

BACA JUGA:Support System, Penjaga Mental yang Tak Ternilai

Anak muda sering mendengar kata-kata tersebut untuk melecehkan atau menindas lawan bicaranya. Namun hal ini sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan anak muda.

Berikut  beberapa tanda atau gejala  penyakit mental yang dapat terjadi pada anak, simak penjelasannya:

1. Kesulitan berkonsentrasi

Anak-anak dengan penyakit mental mengalami kesulitan berkonsentrasi atau tetap fokus  dalam jangka waktu yang lama. Juga, saya kesulitan untuk tinggal dan membaca. Gejala penyakit mental  ini dapat mengganggu kinerja sekolah dan perkembangan otak.

Wajar jika kesulitan hanya terjadi sesekali. Namun jika hal ini terus terjadi, segera ambil tindakan. Hal ini disebabkan hilangnya konsentrasi yang dapat mengganggu pendidikan anak dan mempengaruhi produktivitas dalam aktivitas anak dan remaja.


7 Faktor Risiko Terkena Masalah Kesehatan Mental pada Remaja--freepik

2. Penurunan berat badan

Tahukah Anda kalau penyakit mental bisa mempengaruhi penampilan fisik anak? Selain penyakit fisik, penurunan berat badan  juga bisa menjadi tanda adanya penyakit mental pada anak Anda.

Malnutrisi, stres, bahkan depresi dapat menyebabkan anak kehilangan nafsu makan, menggigit, dan muntah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: