Desa Wisata Ketingan, Pesona Alam yang Menyihir Wisatawan dengan Koloni Burung yang Menakjubkan

Desa Wisata Ketingan, Pesona Alam yang Menyihir Wisatawan dengan Koloni Burung yang Menakjubkan

Desa Wisata Ketingan, pesona alam yang menyihir wisatawan dengan koloni burung yang menakjubkan.-Taufiq Arif Nugroho-instagram.com/@taufiqarifn

SLEMAN, PALTV.CO.ID - Desa Wisata Ketingan terletak di Desa Tirtoadi Kecamatan Mlati Kabupaten SLEMAN, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satu tempat wisata di Desa Wisata Ketingan yang mempunyai daya tarik bagi wisatawan yaitu koloni Burung Kuntul dan Blekok yang membuatnya begitu unik.

Setiap pagi, burung-burung tersebut meluncur ke persawahan yang airnya melimpah untuk mencari makan. Sementara saat senja tiba, mereka kembali ke Dusun Ketingan untuk bertengger dan bersarang di pepohonan yang melimpah di desa ini.

Keberadaan koloni burung ini sudah menjadi bagian dari sejarah Desa Ketingan sejak tahun 1997, ketika mereka pertama kali berdatangan setelah peresmian gapura desa oleh Sultan Hamengku Buwono X.

BACA JUGA:Desa Unik Tenganan Bali: Tersembunyi dari Kemajuan dan Hiruk Pikuk Moderenisasi

Pada tahun 2005, warga setempat menggagas ide untuk melestarikan dan memanfaatkan keberadaan Burung Kuntul ini.

Hasilnya, Dusun Ketingan berkembang menjadi Desa Wisata Fauna Burung Kuntul, menawarkan keindahan alam dan keberagaman aktivitas wisata.

Salah satu kegiatan yang dapat dinikmati wisatawan di Desa Wisata Ketingan adalah bird watching. Dusun ini menyediakan banyak gardu pengamatan burung yang memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan pola perilaku unik burung-burung ini.

Pagi dan sore hari menjadi waktu yang ideal, di mana burung-burung akan terbang berkelompok meninggalkan desa di pagi hari dan pulang kembali saat senja tiba.

BACA JUGA:Wisata di Bali Timur: NIkmati Keindahan Taman Air Tirta Gangga Bali dan Spot Menarik di Karangasem


Burung Kuntul melompat terbang di Desa Wisata Ketingan, Yogyakarta.--instagram.com/@gothil2992

Selain itu, momen khusus terjadi setiap malam purnama dan Jumat Kliwon, di mana ribuan burung kuntul berkumpul dan terbang bersama, menciptakan pemandangan yang spektakuler dan menarik bagi para fotografer.

Tidak hanya menawarkan pengalaman bird watching, Desa Wisata Ketingan juga mengajak wisatawan untuk terlibat dalam kegiatan pertanian, pembuatan jamu, serta seni dan budaya setempat.

Bagi yang memilih paket liburan dengan kegiatan bertani, mereka dapat mencoba langsung menggarap tegal, menanam padi, membajak sawah, atau bahkan ikut dalam proses panen padi yang sudah matang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber