Brongkos Khas Yogyakarta Perpaduan Sempurna Daging Sapi dan Kacang-Kacangan

Brongkos Khas Yogyakarta Perpaduan Sempurna Daging Sapi dan Kacang-Kacangan

Brongkos Khas Yogyakarta Perpaduan Sempurna Daging Sapi dan Kacang-Kacangan--ig.com/@bucit

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Yogyakarta, sering disapa Jogja, bukan hanya terkenal dengan warisan budaya dan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kulinernya yang beragam dan lezat.

Setiap menu khas Jogja memiliki ciri khas rasa manis, termasuk hidangan satu ini yang menggabungkan daging sapi dengan berbagai bahan sayuran yang mudah ditemui sehari-hari.

Salah satu makanan khas Jogja yang wajib dicoba adalah brongkos. Hidangan berkuah dengan keluak ini sangat lezat saat disantap bersama nasi hangat.

Sekilas, brongkos mirip dengan rawon, karena keduanya menggunakan keluak, namun brongkos memiliki keunikan tersendiri dengan tambahan santan dan berbagai rempah-rempah.

BACA JUGA:Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Siap Mainkan Laga Big Match Reuni Pemain Legend Sriwijaya FC

Brongkos Jogja biasanya dibuat dengan campuran daging berlemak, tahu, krecek, kulit melinjo, dan kacang tolo. Proses memasaknya yang cukup lama membuat bumbu meresap sempurna, menciptakan rasa yang kaya dan mendalam.

Brongkos justru semakin nikmat setelah didiamkan semalam, membiarkan bumbu meresap lebih dalam. Menambahkan cabe rawit utuh ke dalam masakan juga memberikan sensasi pedas yang siap meledak di mulut ketika disantap.

Berikut adalah resep brongkos khas Jogja yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan: 1 liter santan cair, 500 gram daging sapi, 50 gram kacang tolo, 50 gram kulit melinjo, 15 buah cabai rawit, 7 butir telur ayam, 7 buah tahu pong/kulit,2 lembar daun salam, 4 lembar daun jeruk, 2 batang serai, memarkan, 2 cm lengkuas, memarkan, Minyak secukupnya.

BACA JUGA:Sempat Buron, Bos Distro di Palembang Otak Pembunuhan Pegawai Koperasi Dicor Berhasil Ditangkap di Kota Padang

Bumbu Halus: 8 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 4 butir kemiri, sangrai, 4 buah cabai rawit, 4 buah keluak, 1 cm kencur, 1 sdm gula merah, Garam dan kaldu bubuk secukupnya.

Cara Membuat:

Rendam kacang tolo semalam sebelumnya. Cuci bersih dan tiriskan.

Rebus daging sapi hingga empuk, kemudian potong-potong dadu. Rebus telur ayam dan kupas. Sisihkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber