Wisata di Bali Timur: NIkmati Keindahan Taman Air Tirta Gangga Bali dan Spot Menarik di Karangasem

Wisata di Bali Timur: NIkmati Keindahan Taman Air Tirta Gangga Bali dan Spot Menarik di Karangasem

Wisata di Bali Timur: NIkmati Keindahan Taman Air Tirta Gangga Bali dan Spot Menarik di Karangasem--Instagram.com/@swaroop _netrabyle

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Tirta Gangga, sebuah keindahan Taman air di Bali Timur, dahulu merupakan bagian dari kerajaan Karangasem yang kini bertransformasi menjadi destinasi wisata yang menakjubkan. 

Letaknya tersembunyi di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Tirta Gangga. Ini hal menantang bagi wisatawan untuk menempuh perjalanan 2 jam 30 menit dari Kuta, tempat yang penuh dengan kehidupan malam dan kegembiraan. 

Selain Tirta Gangga, Kabupaten Karangasem menawarkan keindahan lain seperti Candidasa, Pantai Amed, Tulamben (pantai dengan pasir hitam yang menjadi favorit bagi para penyelam), dan Taman Ujung Sukasada.

Jadi, setelah menjelajahi keindahan Tirta Gangga, jangan ragu untuk mengeksplorasi pesona lain dari wilayah ini. Termasuk Taman Ujung Tumbu yang pernah viral keindahanya setelah dikunjungi Ibu Ani Yudhoyono kala itu.

BACA JUGA:Demi Keselamatan Berkendara Motor, Honda Terapkan Fitur Emergeny Stop Signal

Taman Tirta Gangga memiliki tiga elemen khas yang menjadikannya begitu istimewa. Ada kebun, kolam air, dan juga patung. Terletak di tengah persawahan, air di taman ini berasal dari mata air Rejasa, yang masih menjadi milik kerajaan Karangasem.


Wisata di Bali Timur: NIkmati Keindahan Taman Air Tirta Gangga Bali dan Spot Menarik di Karangasem--Instagram.com/@swaroop _netrabyle

Dengan luas area mencapai 1,2 hektar, taman ini membentang dari timur ke barat, terdiri dari tiga tingkatan bangunan.

Ketika menginjakkan kaki di Tirta Gangga, pengunjung disambut dengan pemandangan kolam air luas dan sebuah candi megah di sebelah kanan.

Kolam air ini bukan hanya tempat bagi ikan hias, tetapi juga menyediakan air jernih dan sejuk yang berasal langsung dari mata air Rejasa. Mata air ini tidak hanya dianggap sebagai sumber air alami, melainkan juga dihormati sebagai air suci yang digunakan dalam upacara keagamaan di sekitar Tirta Gangga.

BACA JUGA:Anda Punya Mobil Tua? Inilah 12 Tips Rahasia Untuk Merawat Mobil Tua Agar Tetap Optimal

Salah satu keunikan utama Tirta Gangga adalah adanya mata air alami, terutama Mata Air Rejasa. Airnya tidak hanya melimpah, tetapi juga sangat jernih dan menyegarkan. Di sini banyak terdapat ikan mas ukuran besar yang sangat ramah kepada pengunjung. Dengan modal Rp 5.000,- kita dapat asyik memberi makan ikan disitu.

Sebagian dari suplai air ini dikirim ke rumah penduduk di Kota Amlapura, sementara sebagian lainnya digunakan untuk mengisi kolam dan mendukung pertanian.

Tirta Gangga tidak hanya memiliki kecantikan fisik, tetapi juga kaya akan sejarah. Bangunan di Tirta Gangga juga merupakan tempat ibadah umat Hindu. Perpaduan antara keindahan alam dan budaya yang kental, menjadikan tujuan wisata yang cukup jauh dari pusat kota Denpasar ini sangat diminati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber