Desa Wisata Ketingan, Pesona Alam yang Menyihir Wisatawan dengan Koloni Burung yang Menakjubkan

Desa Wisata Ketingan, Pesona Alam yang Menyihir Wisatawan dengan Koloni Burung yang Menakjubkan

Desa Wisata Ketingan, pesona alam yang menyihir wisatawan dengan koloni burung yang menakjubkan.-Taufiq Arif Nugroho-instagram.com/@taufiqarifn

Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan upacara daur hidup dan mengenal lebih dekat seni tradisional seperti Gejog Lesung.

BACA JUGA:Explore Musim Dingin: Ini Festival dan Hal Unik Untuk Liburan Musim Dingin Di Jepang

Desa Wisata Ketingan mudah diakses. Hanya berjarak 10 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dan 3 kilometer dari Jalan Magelang.

Rute perjalanan dari Yogyakarta melibatkan Jalan Magelang–Mlati–Desa Wisata Ketingan, dengan petunjuk arah yang jelas menuju lokasi.

Untuk wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, akses lebih mudah. Selain itu, tersedia juga angkot khusus dari Terminal Jombor yang dapat membawa wisatawan langsung ke Desa Wisata Ketingan.

Dalam upaya menjadikan Desa Wisata Ketingan sebagai destinasi yang lebih ramah wisatawan, berbagai fasilitas dan akomodasi telah disiapkan.

BACA JUGA:Mendekati Natal dan Tahun Baru, Taman Wisata Alam Punti Kayu Gelar Event Bertajuk Cosplay


Bubulcus coromandus bertengger bersarang di pohon di Desa Wisata Ketingan, Yogyakarta.--instagram.com/@birdpacker

Mulai dari pemandu lokal yang akan memberikan informasi seputar desa, menara pengamatan burung untuk melihat pemandangan yang lebih luas, hingga tempat menginap ala pedesaan yang dapat menampung sekitar 30 orang.

Pengelola Desa Wisata Ketingan juga menyediakan kendaraan antar-jemput bagi wisatawan yang membutuhkan.

Yang menarik dari Desa Ketingan adalah keterlibatan langsung masyarakat dalam pengelolaan desa wisata.

Warga setempat terlibat dalam berbagai kegiatan, mulai dari pengelolaan kelembagaan desa wisata, pelestarian alam, penyediaan rumah sebagai home stay, hingga menjadi pemandu wisata dan pengelola kegiatan seni dan kuliner.

BACA JUGA:Wisata Kolam Pemandian Alami Mencar Jaya Jadi Pilihan Warga OKU Timur Nikmati Akhir Pekan

Ini menjadi bukti nyata bahwa Desa Wisata Ketingan bukan hanya destinasi wisata, tetapi juga merupakan bagian dari kehidupan dan keberlanjutan masyarakat setempat.

Pemasaran Desa Wisata Ketingan tidak hanya bergantung pada upaya swakelola oleh pengelola desa, tetapi juga mendapat dukungan dari pihak pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber