6 Hal Ideal yang Harus Dilakukan Supaya Gigi Sehat Optimal

6 Hal Ideal yang Harus Dilakukan Supaya Gigi Sehat Optimal

6 Hal Ideal yang Harus Dilakukan Supaya Gigi Sehat Optimal--freepik

Argumen Fluorida merupakan zat yang  melindungi gigi dari kerusakan dan dapat mencegah terbentuknya gigi berlubang.

Dapat diserap ke dalam gigi  (melalui makanan dan minuman) dan digunakan secara  topikal.

Batasi konsumsi makanan dan minuman berkarbohidrat tinggi, terutama yang mengandung gula, pilih makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, dan produk susu rendah lemak.

4. Hindari Kebiasaan Buruk

Penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun jangan berpikir hanya kebiasaan buruk seperti merokok dan minum kopi saja yang bisa merusak gigi.

Seperti halnya dengan menghindari mengunyah es, pensil, atau benda keras lainnya yang dapat merusak gigi dan hindari kebiasaan merokok ini hal yang sangat merusak ya dan mengonsumsi produk tembakau, karena dapat menyebabkan masalah gigi dan gusi.

5. Periksakan Gigi secara Rutin

Lakukan pemeriksaan gigi rutin setidaknya dua kali setahun oleh dokter gigi. Jangan anggap remeh pentingnya memeriksakan gigi dan mulut ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Ada banyak manfaat mendapatkan pemeriksaan kesehatan mulut dan gigi dari dokter, jika ada masalah atau gejala seperti nyeri gigi atau gusi berdarah, segera hubungi dokter gigi.

6. Gunakan Produk Perawatan Mulut Tambahan

Gunakan antiseptik mulut atau obat kumur yang direkomendasikan oleh dokter gigi. Beberapa orang juga mendapat manfaat dari pemakaian fluoride tambahan, terutama jika tingkat risiko kerusakan gigi tinggi.

Produk tambahan penyehat mulut bisa juga dengan jenis obat kumur  dapat meningkatkan kemampuan menyikat gigi dan menjaga kebersihan mulut.

Namun, jangan pernah menggunakan obat kumur terlalu banyak. Kesehatan mulut Anda mungkin terpengaruh.

Hal diatas bisa dijadikan referensi untuk menyehatkan gigi anda, supaya gigi terawat dan sehat, dengan menjaga kesehatan gigi secara teratur, Anda dapat mengurangi risiko terjadinya berbagai masalah gigi dan mulut serta mempertahankan senyum yang sehat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: