Wajib Tahu! 10 Solusi Mengatasi Penyakit Jerawat Menyebar Luas

Wajib Tahu! 10 Solusi Mengatasi Penyakit Jerawat Menyebar Luas

Solusi Mengatasi Penyakit Jerawat Menyebar Luas--freepik

Stres dapat memicu produksi hormon penyebab jerawat. Temukan cara untuk mengelola stres, seperti olahraga, meditasi, dan hobi. Jerawat terjadi ketika  produksi sebum berlebih, sel kulit mati, bakteri, dan terkadang rambut  menyumbat pori-pori. 

BACA JUGA:7 Rahasia Kulit Bersih: Mengenali Tanda-Tanda Jerawat Terinfeksi dan Cara Pencegahannya


Solusi Mengatasi Penyakit Jerawat Menyebar Luas--freepik

Namun penyebab pasti timbulnya jerawat  masih belum diketahui. Sejumlah faktor diduga menjadi penyebab timbulnya jerawat, antara lain perubahan hormonal yang terjadi saat hamil dan pubertas, efek samping obat tertentu seperti pil KB, dan riwayat keluarga.

7. Rutin Melakukan Peeling

Peeling atau eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Gunakan produk eksfoliasi yang cocok dengan jenis kulit Anda, dan jangan melakukan peeling terlalu sering.

8. Jangan Memencet Jerawat

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Keramik Granit pada Rumah

Biarkan jerawat menghilang dengan sendirinya atau konsultasikan dengan ahli dermatologi jika perlu. Jerawat yang teracung atau dipencet dapat menyebarkan bakteri dan kuman dari jerawat  ke bagian wajah lainnya. 

Hal ini dapat menyebabkan jerawat menyebar ke tempat lain dan merusak kulit Anda. Skrining jerawat tidak mengatasi akar penyebab masalah jerawat pada orang dewasa.

9. Konsultasi dengan Ahli Dermatologi

Jika jerawat Anda parah atau tidak merespons perawatan rumahan, konsultasikan dengan ahli dermatologi. Mereka dapat memberikan saran dan perawatan yang sesuai, seperti obat topikal atau oral.

BACA JUGA:Apa yang Dimaksud Gangguan Mood Disforik Pramenstruasi dan Apa Bedanya dengan PMS?

10. Pertahankan Kebiasaan Perawatan Kulit

Jerawat bukanlah masalah yang dapat diatasi dalam semalam. Pertahankan kebiasaan perawatan kulit secara konsisten untuk hasil yang lebih baik dalam jangka panjang. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dapat menurunkan rasa percaya diri Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber