7 Rahasia Kulit Bersih: Mengenali Tanda-Tanda Jerawat Terinfeksi dan Cara Pencegahannya

7 Rahasia Kulit Bersih: Mengenali Tanda-Tanda Jerawat Terinfeksi dan Cara Pencegahannya

Rahasia Kulit Bersih: Mengenali Tanda-Tanda Jerawat Terinfeksi dan Cara Pencegahannya--freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi ketika pori-pori kulit, terutama folikel rambut, tersumbat oleh kotoran,  minyak, dan sel kulit mati. 

Akibatnya,  pori-pori menjadi meradang dan terjadilah infeksi. Jerawat biasanya muncul di wajah, leher, punggung, dan dada.  

Jerawat disebut  acne vulgaris. Siapapun bisa mengalami masalah kulit ini, namun pertama kali muncul saat masa pubertas, antara usia 10 hingga 18 tahun. Jerawat cenderung lebih parah pada anak kecil dan orang dengan kulit berminyak.

Jerawat dapat timbul karena beberapa faktor yang berbeda. Berikut adalah beberapa penyebab umum timbulnya jerawat:

1. Produksi Sabun Berlebihan 

Kelenjar minyak di dalam kulit menghasilkan sebum (minyak) untuk menjaga kelembaban kulit. Jika produksi sabun berlebihan, pori-pori dapat tersumbat, menyebabkan munculnya jerawat.

BACA JUGA:Motor Matic Premium Honda Forza 250 yang Memiliki Tampilan Mewah!

Mencuci muka yang tidak tepat dapat menimbulkan jerawat atau ruam di  dahi, hidung, pipi, dan dagu. Jerawat terjadi karena  bahan keras pada sabun menyebabkan produksi minyak atau sebum berlebihan.

2. Proliferasi Bakteri

Bakteri Propionibacterium acnes adalah bakteri yang biasanya hidup di kulit dan dapat berkembang biak di pori-pori yang tersumbat, menyebabkan peradangan dan pembentukan jerawat.

Seperti halnya dengan komedo tampak seperti kotoran yang menumpuk di pori-pori. Namun secara alami, pori-pori akan terisi oleh bakteri dan minyak serta berubah warna menjadi coklat jika terkena udara. 

Jerawat adalah bintik merah dengan bagian tengah berwarna putih yang terjadi ketika folikel rambut  meradang atau terinfeksi bakteri. Penyumbatan dan peradangan  di dalam folikel rambut bisa menyebabkan benjolan  di bawah permukaan kulit.


Rahasia Kulit Bersih: Mengenali Tanda-Tanda Jerawat Terinfeksi dan Cara Pencegahannya-Nsey -unsplash

3. Sel Kulit Mati 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: