Begini Efek Penggunaan Kosmetik Kadaluarsa Secara Berulang Pada Wajah

Begini Efek  Penggunaan  Kosmetik Kadaluarsa Secara Berulang Pada Wajah

Begini Efek Penggunaan Kosmetik Kadaluarsa Secara Berulang Pada Wajah --freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Apa yang dilakukan oleh penggunaan kosmetik kedaluwarsa secara berulang-ulang terhadap tubuh Anda?.  Meskipun mungkin terlihat tidak berbahaya untuk menggunakan setiap tetes terakhir dari kosmetik favorit Anda.

Dr Swapna Priya, Konsultan Dokter Kulit di Rumah Sakit Perawatan, Hitech City, Hyderabad, memperingatkan bahwa kosmetik yang kedaluwarsa dapat menimbulkan risiko yang serius bagi tubuh Anda.

Katakanlah Anda menggunakan maskara favorit Anda, tetapi mata Anda menjadi merah dan gatal. Atau bayangkan Anda terbangun keesokan harinya dengan jerawat baru berkat alas bedak andalan Anda.

Sayangnya, skenario seperti itu lebih sering terjadi daripada yang Anda bayangkan, terutama saat berurusan dengan riasan yang sudah kadaluarsa.

BACA JUGA:Contoh Penerapan 3D Printing Pada Berbagai Sektor Industri!

Inilah alasan mengapa merapikan tas rias Anda secara teratur penting untuk kesehatan kulit dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kenyataan buruknya: apa yang terjadi jika Anda menggunakan make-up yang sudah kedaluwarsa.


Begini Efek Penggunaan Kosmetik Kadaluarsa Secara Berulang Pada Wajah --freepik.com

Iritasi kulit: seiring berjalannya waktu, komposisi kimiawi kosmetik dapat berubah, menyebabkan iritasi, kemerahan, dan kekeringan. Apa penyebabnya? Sering kali karena pertumbuhan bakteri dalam produk itu sendiri.

Reaksi alergi: kosmetik kedaluwarsa dapat menyebabkan reaksi alergi, bahkan pada orang yang tidak pernah mengalami reaksi alergi sebelumnya. Gejala seperti bengkak, gatal, dan perih adalah tanda bahaya yang tidak boleh diabaikan.

BACA JUGA: Jadi Kepala BNNP Kaltara, Mantan Dir Reskrimum Polda Sumsel Pecah Bintang

Infeksi: produk riasan mata seperti maskara dan eyeliner dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri, terutama jika sudah mendekati tanggal kedaluwarsa. Penggunaannya membuat mereka berisiko terkena infeksi mata seperti konjungtivitis.

Kekhawatiran jangka panjang, bukan hanya ketidaknyamanan jangka pendek.

Meskipun reaksi langsung seperti iritasi merupakan masalah, efek jangka panjang dari penggunaan make-up yang kedaluwarsa bisa lebih berbahaya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber