Tidak Perlu Membentak Agar Anak Patuh, Ini Kiat Mendidik Anak Sesuai dengan Ajaran Islam

Tidak Perlu Membentak Agar Anak Patuh, Ini Kiat Mendidik Anak Sesuai dengan Ajaran Islam

Tidak perlu membentak agar anak patuh, didik sesuai dengan ajaran Islam.--freepik.com/@rawpixel.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Setiap anak merupakan amanah yang harus diemban dengan penuh tanggung jawab oleh setiap orang tua.

Kewajiban tersebut mencakup tugas untuk membimbing anak tumbuh menjadi pribadi yang saleh dan dapat berkembang dengan sebaik-baiknya. 

Anak merupakan titipan dari Allah SWT yang kelak akan menjalani kehidupannya sendiri dan lepas dari keberadaan orang tua.

Oleh karena itu, sebagai orang tua perlu memberikan bekal kepada mereka berupa iman yang kuat dan aturan-aturan yang tegas dalam menjalani kehidupan.

BACA JUGA:Money Politic dalam Pemilihan Umum: Perspektif Islam dan Hukum

Setiap orang tua memiliki pendekatan tersendiri dalam mendidik anak, yang umumnya disesuaikan dengan latar belakang dan kebutuhan anak.

Namun, bagi orang tua muslim, penting untuk mendidik anak dengan cara-cara islami yang sesuai dengan syariat Islam

Mengutip dari laman kemenag.go.id, pendidikan dianggap sebagai hal paling utama bagi anak sebagai bekal dalam menjalani kehidupannya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: 

"Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama daripada (pendidikan) tata krama yang baik." (HR At-Tirmidzi dan Al-Hakim)

BACA JUGA:Hati-hati! 2 Anggota Tubuh ini yang Akan Banyak Membuat Manusia Terjerumus ke Neraka


Orang tua perlu memberikan bekal kepada anak berupa iman yang kuat dan aturan-aturan yang tegas dalam menjalani kehidupan.--freepik.com/@rawpixel.com

Meskipun cara mendidik anak menurut Islam pada dasarnya sederhana dan mudah, dalam melaksanakannya bisa saja menemui kendala yang membutuhkan kesabaran dan pola asuh yang tepat. 

Ketika seorang anak menunjukkan ketidakpatuhan, orang tua sering kali tidak sabar dalam menghadapinya.

Saat anak menolak perintah atau perkataan orang tua, terkadang orang tua menjadi marah, bahkan membentak sang anak. Namun, berteriak dan membentak bukanlah cara yang tepat untuk membuat anak patuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber