Sambut Natal dan Tahun Baru, Tol Indralaya-Prabumulih Rencananya Masih Gratis

Sambut Natal dan Tahun Baru, Tol Indralaya-Prabumulih Rencananya Masih Gratis

Tol Indralaya-Prabumulih rencananya masih gratis selama libur Natal dan Tahun Baru 2024.-Ahmad Romawi-PALTV

OGAN ILIR, PALTV.CO.ID - Setelah dilakukan peresmian pada 26 Oktober 2023 lalu, ruas jalan Tol Indralaya-Prabumulih menjadi salah satu ruas Tol Lintas Sumatera, yang menjadi proyek nasional pemerintah pusat dalam mengatasi kepadatan mobilitas kendaraan dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera.

Guna menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2024 ini, rencananya pihak Waskita selaku pengelola Tol Indralaya-Prabumulih akan menggratiskan jalur Tol Indralaya-Prabumulih, sebagaimana telah dilakukan pihak pengelola tol sebelum diresmikan Presiden Joko Widodo pada 26 Oktober 2023 yang lalu.

Rencana non-biaya saat melintas di ruas Tol Indralaya-Prabumulih ini dituangkan secara tertulis oleh Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro.

Menurut Direktur Operasi III Hutama Karya ini, saat menyambut Natal dan Tahun Baru 2024, pihaknya telah memprediksi ada peningkatan volume lalu lintas atau volume yang akan melintasi jalur Lintas Sumatera menuju Jawa maupun sebaliknya, selama libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024.

BACA JUGA:Pelatih Hendri Susilo Harapkan Dukungan Suporter dan Warga Palembang pada Laga Sriwijaya FC Kontra PSMS Medan


Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan Tol Indralaya-Prabumulih dan Flyover Patih Galung pada tanggal 26 Oktober 2023 lalu.-Ahmad Romawi-PALTV

Untuk itu, pihaknya merencanakan ada lima ruas tol di Sumatera yang masih belum bertarif atau gratis, yaitu Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 kilometer, Binjai-Langsa (Stabat-Kuala Bingai) sepanjang 8 kilometer, Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15 kilometer, Sigli menuju Banda Aceh yakni Blang Bintang-Baitussalam sepanjang 12,7 kilometer, dan Indrapura-Tebing Tinggi sepanjang 26,23 kilometer, yang dikelola oleh PT Hutama Marga Waskita.

Namun menurut Koentjoro, hanya Tol Indralaya-Prabumulih yang merupakan tol yang pasca diresmikan Presiden Joko Widodo yang belum dikenakan tarif.

Walupun nantinya Tol Indralaya-Prabumulih belum bertarif atau gratis saat menyambut libur Natal dan Tahun Baru, namun pengendara pengguna ruas Tol Indralaya-Prabumulih dihimbau untuk mentaati peraturan yang ada.

Pengguna Tol Indralaya-Prabumulih tidak berkendara dengan kecepatan 100.kilometer per jam. Kendaraan hanya boleh berkecepatan minimum 60 kilometer per jam dan maksimum 80 kilometer per jam.

BACA JUGA:Pasar 16 Ilir Dikelilingi Pagar Seng, Ratusan Pedagang Keluhkan Sepi Pembeli


Tol Indralaya-Prabumulih.-Ahmad Romawi-PALTV

Pengendara di jalan Tol Indralaya-Prabumulih tidak diperbolehkan menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Selain itu, bagi pengendara yang lelah dan mengantuk saat berkendara di Tol Indralaya-Prabumulih, diminta untuk beristirahat di Rest Area Kilometer 56A (ruas Indralaya menuju Prabumulih) dan Kilometer 56B Prabumulih menuju Indralaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv