Rahasia Sehat Telinga: 5 Tips Perawatan Telinga untuk Kesehatan Optimal

Rahasia Sehat Telinga: 5 Tips Perawatan Telinga untuk Kesehatan Optimal

Tips cara menjaga Kesehatan telinga-Alexander Grey-unsplash

BACA JUGA:7 Rekomendasi Mobil Listrik Terbaru 2023: Pilih Jenis Mobil yang Sesuai Kebutuhan Anda

3. Jaga Kebersihan Telinga

Membersihkan bagian luar telinga secara teratur dengan menggunakan lap yang lembut dapat membantu mencegah kotoran menumpuk, jika telinga Anda tidak dijaga kesehatan dan kebersihannya, pendengaran dan keseimbangan bisa terganggu. 

Menjaga telinga tetap bersih dan sehat penting  untuk mencegah masalah pendengaran. Tidak hanya akan mengganggu pendengaran Anda, tetapi jika mengganggu telinga Anda, hal ini dapat mempengaruhi seluruh tubuh Anda.

4. Hindari Paparan Suara yang Berlebihan

BACA JUGA:Waspada Kasus Covid-19 Melonjak! Kemenkes Instrukskan Pemda dan Faskes Siap Siaga

Paparan suara yang berlebihan dapat merusak pendengaran. Gunakan alat pelindung telinga jika Anda berada di lingkungan yang berisik, seperti di tempat kerja yang bising atau saat menghadiri konser.

Suara dihasilkan ketika getaran panjang molekul udara mencapai gendang telinga dalam bentuk gelombang (Persatuan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan Indonesia, 1985).

Kebisingan adalah suara yang tidak diinginkan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan atau kegiatan pada tingkat dan waktu tertentu, yang dapat menimbulkan gangguan terhadap kesehatan manusia dan kesejahteraan lingkungan.

Kebisingan adalah bunyi yang tidak diinginkan dari usaha atau kegiatan dalam tingkat dan waktu dan tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan

BACA JUGA:Insentif yang Diberikan Pada Mobil Listrik CBU, Apakah Dapat Membuat Harganya Bisa Turun?

5. Kendalikan Tekanan Udara

Tekanan udara yang berubah, seperti yang terjadi saat naik pesawat atau menyelam, dapat memengaruhi telinga. Cobalah untuk menyeimbangkan tekanan udara dengan mengunyah permen karet atau menggumam ketika berada di tempat-tempat dengan perubahan tekanan.

Telinga tengah merupakan ruang udara terlindung atau mati  yang terhubung dengan dunia luar hanya melalui saluran Eustachius yang mengalir ke bagian belakang tenggorokan.

Kegaalan meningkatkan tekanan  telinga tengah untuk menyamakan tekanan  telinga luar dan dalam dapat menyebabkan barotrauma telinga tengah, yaitu cedera telinga yang disebabkan oleh perubahan tekanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber